All New Avanza dan Veloz Resmi Meluncur, Ada Perubahan 180 Derajat

All New Avanza dan All New Veloz ikut meramaikan pameran GIIAS 2021 (Foto: Medcom.id)
All New Avanza dan All New Veloz ikut meramaikan pameran GIIAS 2021 (Foto: Medcom.id)

Autogear.id - Toyota secara resmi meluncurkan generasi ke-3 MPV unggulannya di Indonesia, yakni All New Avanza dan All New Veloz. Apa saja fitur baru yang dibawa dua mobil baru ini? 

Peluncuran All New Avanza dan All New Veloz semakin meriah, karena Toyota hadirkan keduanya di ajang Gaikindo Indonesia Interantional Auto Show (GIIAS), 11-21 Nopember 2021, di ICE BSD, Tangerang.

Toyota Indonesia mengatakan, All New Avanza dan All New Veloz terbaru mengalami perubahan 180 derajat, terkait pengembangan desain, baik eksterior maupun interiornya. 

Dijelaskan Susumu Matsuda, Operating Officer (ROO) Asia Region Toyota Motor Corporation, Avanza sendiri merupakan model global yang dikembangkan di Indonesia. 

BACA: Toyota Resmi Buka Layanan Tukar Tambah Mobil Lama Ganti Baru

“Varian ini mencerminkan komitmen dan upaya kuat Toyota dalam memenuhi kebutuhan mobilitas di Indonesia, tetapi juga dijual di banyak negara”, ujarnya saat peluncuran virtual. 

Sementara Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyampaikan, pihaknya berharap kehadiran Avanza dan Veloz terbaru bisa menjadi wujud nyata komitmen Toyota hadirkan Mobility Happiness bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Fitur baru All New Avanza

Avanza terbaru sebagai MPV 7-seater dilengkapi ragam teknologi terkini. Antara lain transformasi penggerak roda depan, menggantikan penggerak roda belakang generasi sebelumnya. Lewat platform Full Engine - Front Wheel Drive (FF) yang benar-benar baru. 

Platform tersebut dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension, optimalkan geometri suspensi depan dan belakang. Serta karakteristik kecepatan spring rate dan damper. 

Mampu memberi stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara. Diperkuat dimensi bodi lebih lebar, dan jarak sumbu roda lebih panjang. Pengaturan suspensi baru juga menjanjikan pengalaman berkendara lebih senyap.

All New Avanza (1,5 G CVT TSS) dilengkapi fitur keselamatan terbaru, yang andalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). 

Pada TSS terdapat Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking. Andalkan sistem radar membantu kurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan. Lewat daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat. 

Fitur Pedal Missoperation Control, kurangi potensi kecelakaan akibat salah injak pedal gas. Dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat. 

Fitur Baru All New Veloz

Sama halnya Avanza terbaru, All New Veloz sebagai andalan Toyota di segmen MPV 1500 cc juga lahir dengan platform baru. 

All New Veloz dipersiapkan sebagai kendaraan MPV dengan sentuhan desain lebih emosional. Secara grand design, kesan kokoh, tangguh, dan agresif terpancar dari kap mesin tinggi, bagian dari New Distinctive Front Look.

Tak ketinggalan New Formidable Design Front Grille, dengan lekukan kokoh, sebagai lokasi New Advanced LED Headlamp dengan Sequential Turnlamp, serta New Fog Lamp. 

Penerapan New Side Stone Guard memperkuat kesan tangguh, sekaligus pelindung bodi samping. 

Diimbuhi velg alloy 17 inci, dengan tampilan advance (Q CVT dan Q CVT TSS). Plus New Foot Lamp di bawah kaca spion samping, membantu penerangan di area gelap. 

BACA JUGA: Toyota Raize Resmi Mengaspal, Intip Spek dan Harganya

Pada sisi belakang eksterior Veloz terbaru, terdapat Progressive Rear Combination Lamp dengan Full Backdoor Lamp. 

Dipertegas Sturdy Rear Bumper yang dibentuk sedemikian rupa untuk menonjolkan kesan agresif dan tangguh dari sebuah crossover.

All New Veloz tersedia dalam tiga (3) pilihan tipe, yaitu Veloz M/T, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS (Toyota Safety Sense). 

Harga All New Avanza dan All New Veloz

Terkait harga, pihak TAM menawarkan harga on the road DKI Jakarta yaitu All New Avanza 1.3 E Rp206,2 juta, All New Avanza 1.5 G MT Rp228,5 juta, dan All New Avanza CVT TSS Rp264,4 juta.

Sedangkan untuk All New Veloz MT dibanderol Rp251,2 juta, All New Veloz Q CVT Rp272,1 juta dan All New Veloz Q CVT TSS Rp291,5 juta

"Harga masih menggunakan skema insentif PPnBM nanti kita lihat di Januari perubahaan seperti apa," terang Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM.


(acf)