Arus Balik Lebaran 2023

Lapor! 1,6 Juta Kendaraan Melintas di Tol Cipali pada Lebaran Tahun Ini

Arus balik lebaran 2023 mengalami lonjakan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. AI
Arus balik lebaran 2023 mengalami lonjakan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. AI

Autogear.id – Arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H telah selesai dan terselenggara dengan baik. Begitupun arus balik yang membawa pemudik kembali ke Jakarta. Arus lalu lintas di ruas Tol Cipali terpantau lancar, meskipun tergolong ramai. Selama pemantauan, lalu lintas di ruas Tol Cipali sepanjang arus balik Lebaran mengalami peningkatan, yaitu melintas sebanyak 3 ribu kendaraan per jam. 

Adapun total volume lalu lintas dari H-10 sampai dengan H+6 Lebaran, yaitu sebanyak 1,6 juta kendaraan yang telah melintas di Tol Cipali. “Bila dibandingkan tahun 2022, volume lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 mengalami kenaikan sebesar 46 persen,” kata Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo dalam keterangannya.

Dengan kondisi lalu lintas yang cenderung terpantau ramai selama arus balik, menurut Sri Mulyo, pihaknya juga telah berupaya membantu dengan melakukan beberapa langkah. Seperti pengoperasian sistem one way, antara lain dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 72 Tol Jakarta-Cikampek. Bagitupula diberlakukannya contra flow, antara lain dari KM 72 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek. Walaupun pemberlakuan sistem one way dan contra flow bersifat situasional, sesuai dengan diskresi dari pihak Kepolisian. 

“Terkait adanya pemberlakuan sistem one way dan contra flow yang bersifat situasional selama arus balik kemarin. Dan mengalami penambahan waktu pengoperasian dari waktu sebelumnya. Maka kami selaku pengelola Ruas Tol Cipali memohon maaf kepada pengguna jalan yang terdampak kepadatan di jalur Pantura, akibat penambahan pemberlakuan one way di jalan tol tersebut,” akunya.

Baca Juga:
65 Unit Mobil Listrik Toyota Bakal Wara-Wiri di KTT ASEAN

Kendati suasana arus mudik balik Lebaran berangsur kembali normal di Ruas Tol, selaku pihak pengelola Tol Cipali mengajak pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara dan menaati rambu-rambu lalu lintas yang ada. 

“Patuhi rambu batas kecepatan minimal 60 Km/jam dan maksimal batas kecepatan 100 Km/jam. Apabila kondisi fisik sudah mulai lelah, segera beristirahat di rest area terdekat atau keluar gerbang tol terdekat, untuk sekedar berwisata kuliner dan memulihkan kembali kondisi tubuh,” imbaunya.

Supaya masyarakat pengguna dapat lebih mengetahui kondisi lalu lintas di Ruas Tol Cipali dan juga Ruas Tol Astra lainnya, kiranya dapat memantau informasi melalui aplikasi MyInfo Tol dari smartphone masing-masing. 


(uda)