MotoGP Malaysia 2022

Jorge Martin Kembali Pecah Rekor di QTT MotoGP Malaysia

Jorge Martin kembali amankan waktu tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Malaysia. PR
Jorge Martin kembali amankan waktu tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Malaysia. PR

Autogear.id - Jorge Martin kembali memecahkan rekor lap tercepat di Sirkuit Sepang, Malaysia di sesi kualifikasi MotoGP yang berlangsung hari ini, Sabtu (22/10/2022). Pembalap asal Spanyol itu memecahkan rekor lap tercepat yang selama ini dipegang oleh Fabio Quartararo pada 2019 yaitu 1 menit 58,303 detik dengan pencapaian terbaru yaitu 1 menit 57,790 detik. 

Hasil ini sangat mengejutkan lantaran selisih waktu tercepat yang pernah diraih oleh Quartararo di 2019 maupun Enea Bastiannini yang meraih posisi start kedua di sesi kualifikasi tadi terpaut cukup besar. Yaitu setengah detik lebih. Artinya, jika Ia sanggup tampil konsisten dengan performa terbaiknya, maka berdasarkan hitungan di atas kertas, Martin akan memenangi MotoGP pertamanya pada balapan besok.

"Meraih waktu tercepat dan kembali memecahkan rekor lap tercepat di Sirkuit Sepang, Malaysia setelah seri sebelumnya jadi yang tercepat di kualifikasi, tentu jadi hal menyenangkan. Apalagi menjelang akhir musim begini bisa tampil kompetitif. Tapi terpenting adalah kami bisa menyelesaikan balapan besok dengan hasil yang terbaik," ujar Martin mengomentasi hasil sesi kualifikasi yang Ia jalani. 

Di urutan kedua, pembalap asal Italia dan menjadi andalan tim yang 'Indonesia banget' yaitu Gresini Racing MotoGP, yaitu Enea Bastiannini di sesi kualifikasi ini tampil dengan performa menjanjikan. Ia berharap agar sesi balapan berlangsung dalam kondisi trek yang kering dan tak terintervensi oleh kondisi cuaca yang lembap dan hujan agar bisa tampil maksimal.

Baca Juga:
e-Bike Porsche, Mobilitas Personal Lebih Fleksibel di Segala Kondisi

"Dalam beberapa bagian sirkuit memang tak performa motor mengalami perbaikan. Ini penting lantaran kami bisa tampil lebih kompetitif di sirkuit tipe ini. Namun hal yang paling utama adalah bisa tampil kompetitif di sesi balapan. Semoga kondisi cuaca pada saat balapan berlangsung tetap seperti ini. Hal itu sangat penting agar kami bisa meraih hasil bagus saat balapan," papar Bestia.

Sementara di urutan ketiga, Marc Marquez sepertinya terlihat mulai konsisten untuk berkompetisi di urutan terdepan. Apalagi Ia memang memiliki sejarah selalu bisa tampil kompetitif saat balapan berlangsung meski start dari posisi di luar 10 besar sekalipun.

Lalu di mana posisi duo petarung yang untuk titel juara dunia? Francesco Bagnaia yang memimpin klasemen hanya sanggup meraih posisi start ke-9 sementara Quartararo berada di posisi start 12. Kemudian Aleix Espargaro yang juga berada di klasemen 3 teratas tak mampu berbuat banyak. Ketiganya malah terjatuh di stint kedua dan di tikungan yang sama.

Hasil QTT MotoGP Malaysia 2022:
1. Jorge Martin, SPA, Pramac Racing
2. Enea Bastiannini, ITA, Gresini Racing
3. Marc Marquez, SPA, Repsol Honda 


(uda)