Personal Mobility

e-Bike Porsche, Mobilitas Personal Lebih Fleksibel di Segala Kondisi

Porsche bikin personal mobility e-Bike untuk mengikuti perkembangan zaman dan permintaan kendaraan yang fleksibel. Porsche
Porsche bikin personal mobility e-Bike untuk mengikuti perkembangan zaman dan permintaan kendaraan yang fleksibel. Porsche

Autogear.id - Mobilitas personal seperti e-Bike, perlahan menjadi kendaraan yang lebih banyak diminati di beberapa negara yang ketat peraturan soal kendaraan yang ramah lingkungan. Hal ini pula yang direspon beberapa pabrikan sepeda, bahkan termasuk pabrikan supercar seperti Porsche. Mereka bahkan tak sungkan membuat sebuat e-Bike untuk memenuhi tuntutan tren di masyarakat seperti di banyak negara berkembang dan maju.

Untuk tujuan ini, dua usaha gabungan yang didirikan oleh Porsche dan perusahaan Belanda Ponooc Investment B.V. memulai bisnisnya. Porsche eBike Performance GmbH, yang berbasis di Ottobrunn dekat Munich, akan mengembangkan sistem penggerak listrik untuk kendaraan roda dua. Ini termasuk motor, baterai dan arsitektur perangkat lunak yang diperlukan untuk solusi konektivitas. 

P2 eBike GmbH yang berbasis di Stuttgart – didukung oleh Porsche bermaksud menggunakan sistem penggerak ini untuk meluncurkan generasi baru e-bike Porsche pada pertengahan dekade ini. Pentingnya proyek bersama ini bagi Porsche dan Ponooc ditunjukkan dengan penunjukan tim manajemen. 

Jan Becker, mantan CEO Porsche Lifestyle GmbH & Co. KG, mengambil alih ketua manajemen Porsche eBike Performance GmbH. Rekannya di P2 eBike GmbH adalah Moritz Failenschmid, yang juga Managing Director di Focus Bikes. "Kami melihat potensi besar Porsche di segmen e-bike. Inilah sebabnya kami secara konsisten memperluas kegiatan kami di area ini," kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif Porsche AG dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan IT. 

Baca Juga:
Intip BMW 330e M Sport Buat Ngawal Presidensi G20 Indonesia

Jan Becker dan Moritz Failenschmid adalah ahli yang telah terbukti dalam hal menyiapkan dan mengembangkan usaha yang berorientasi ke depan dan berorientasi pelanggan. Sebagai bagian dari tim yang sangat terampil dan termotivasi, mereka akan membuktikan ini dalam dua usaha patungan. "Seperti karakteristik dari Porsche, ini semua tentang mengembangkan produk yang menginspirasi orang melalui desain cerdas, teknologi canggih, dan kinerja luar biasa."

Selain sistem penggerak kompak dari Fazua, Porsche eBike Performance GmbH akan mengembangkan dan memproduksi sistem penggerak e-bike yang sangat kuat di bawah nama merek Porsche. Kedua kategori produk akan didistribusikan ke produsen e-bike di seluruh dunia di masa depan, dengan usaha gabungan yang baru didirikan bertindak sebagai mitra teknologi. Sistem penggerak listrik akan digunakan di e-bikes Porsche serta produk merek lain.

Dalam beberapa bulan terakhir, Porsche telah mengakuisisi saham di beberapa perusahaan di segmen e-bike. Selain merek e-bike Kroasia Greyp, yang juga termasuk Fazua. Pada bulan Juni, Porsche meningkatkan kepemilikannya di perusahaan dari 20 menjadi 100 persen. Berbasis di Munich, Fazua dikenal di kalangan para ahli sebagai pendiri e-bike 'ringan'. Sekarang akan digabung menjadi Porsche eBike Performance GmbH.

Terlepas dari kegiatan usaha gabungan, Porsche terus bekerja dengan mitra lama, Rotwild, pada model e-bike saat ini. Pada Maret 2021, perusahaan meluncurkan interpretasi sepeda listrik eksklusif dengan Porsche eBike Sport dan Porsche eBike Cross. 

Baca Juga:
Kecil-Kecil Cabe Rawit, Abim Gaet Podium Tertinggi di Ajang OnePrix Seri 4

Selain itu, Porsche Digital GmbH menawarkan platform untuk layanan digital yang berkaitan dengan bersepeda di bawah merek Cyklær. Proyek ini memberikan gambaran sekilas tentang seberapa besar kekuatan inovatif yang terkandung dalam usaha patungan baru: Sepeda Cyklær pemenang banyak penghargaan dikembangkan bersama dengan Fazua dan Greyp.


(uda)