Mobil Baru

Porsche 911 GT3 R, Mobil Balap Pelanggan Didasari Generasi 992 Terbaru

Porsche 911 GT3 R baru akan diluncurkan ke publik di 24 Hours of Spa-Francorchamps tahun ini. PI
Porsche 911 GT3 R baru akan diluncurkan ke publik di 24 Hours of Spa-Francorchamps tahun ini. PI

Autogear.id – Porsche mengabarkan bahwa varian 911 GT3 R baru akan diluncurkan ke publik di 24 Hours of Spa-Francorchamps tahun ini. Dimana kendaraan tersebut didasarkan pada 911 generasi 992 terbaru. Direktur Penjualan di Porsche Motorsport, Michael Dreiser mengatakan, 911 GT3 R baru memiliki standar yang sangat tinggi. “Pendahulunya telah memenangkan hampir semua yang bisa dimenangkan di kancah GT3 dalam empat musim sejak 2019,” tukasnya.

Menurut Michael, keberhasilannya yang paling menonjol termasuk kemenangan keseluruhan pada balapan 24 jam di Nürburgring dan juga di Spa-Francorchamps. “Dikendarai oleh pelanggan kami, pendahulunya mencetak kemenangan kelas di Daytona 24 Jam dan Sebring 12 Jam. Model baru menghadapi beban kerja besar di tangan tim balap pelanggan Porsche,” ujarnya.

Manajer Proyek 911 GT3 R di Porsche Motorsport, Sebastian Golz menjelaskan, Porsche tepat sasaran dengan pendahulu yang sangat sukses. Dengan demikian, standar untuk penerusnya tinggi.

“Tugas kami bukanlah membuat 911 GT3 R baru yang lebih cepat. Bagi kami, ini terutama tentang pelanggan kami yang dapat mengendarai mobil balap dengan cepat lebih lama. Butuh daya tahan, dan itulah sebabnya kami fokus terutama pada peningkatan kemampuan berkendara,” akunya.

Baca Juga:
Abaikan Momen Launching, Hyundai Stargazer Bisa Dipesan Sekarang

Pabrikan Porsche mengklaim, dibandingkan dengan pendahulunya, 911 GT3 R anyar memiliki mesin lebih besar yang menghasilkan hingga 416 kW (565 PS). Kinerja aerodinamis lebih konstan, dan keseimbangan kendaraan lebih optimal. Tercermin dalam rentang putaran mesin 4.2 liter baru, yang dapat digunakan lebih luas. Serta beban yang lebih rendah pada ban belakang, yang memungkinkan potensinya bertahan lebih lama.

Inti dari mobil balap baru ini adalah mesin yang mendekati standar berdasarkan power plant 911 generasi 992. Seperti pada model sebelumnya, ini adalah mesin enam silinder berpendingin air dengan teknologi empat katup, dan injeksi bahan bakar langsung. Perkembangan baru yang utama adalah peningkatan seperti 911 RSR, kapasitas 911 GT3 R baru telah meningkat lima persen dari 3.997 menjadi 4.194 cc.

Walau bagaimanapun, Porsche telah mengoptimalkan kurva torsi dan daya di seluruh rentang putaran. Akibatnya, mesin baru ini lebih cocok bagi pengemudi pria. Mesin berputaran tinggi tanpa turbo dan berposisi klasik di bagian belakang, meningkatkan traksi dan pengereman. Telah dimiringkan ke depan sebesar 5,5 derajat, menciptakan lebih banyak kelonggaran untuk diffuser bagian bawah bodi mobil.

Unit bantu seperti alternator dan kompresor AC dipindahkan satu meter ke depan, dan lebih jauh ke bawah ke ruang di depan mesin dan gearbox. Untuk keseimbangan berat 911 GT3 R. Paddle shift mengontrol aktuator shift drum elektronik yang memungkinkan pergantian gigi secara cepat dan tepat.

Baca Juga:
Tahun Ini Brio V-Mod Pecah Rekor dengan 911 Karya Desain

Suspensi 911 GT3 R baru, memastikan lebih sedikit keausan pada ban belakang dan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk perubahan set-up. Peredam kejut KW ditingkatkan dan menawarkan lima pengaturan penyesuaian. Modifikasi set-up dilakukan dengan apa yang disebut shims. Pelat ini memungkinkan penyesuaian presisi tanpa perlu penyelarasan ulang suspensi yang memakan waktu setelahnya.

Seperti pada 911 RSR, bagian bawah bodi mobil yang ditinggikan ini memungkinkan aliran udara yang bersih ke diffuser belakang dan mengurangi sensitivitas saat pengereman. Roda belakang telah bergerak sedikit lebih jauh ke belakang, memperpanjang jarak sumbu roda dari 2.459 menjadi 2.507 milimeter.

Cakram baja depan berventilasi internal dan berlubang berukuran diameter 390 mm dan diaktifkan oleh enam piston. Di bagian belakang dipasang kaliper empat piston dan cakram berukuran 370 mm. Bodi 911 GT3 R hampir semua terbuat dari karbon ringan, termasuk tutup depan dan belakang, pintu, panel samping, sayap belakang dan atap. Lengkungan roda terbuat dari serat aramid.

Dalam hal keselamatan, kursi 911 GT3 R bergeser lebih dekat ke tengah. Memungkinkan Porsche secara optimal menyesuaikan posisi kursi lebih ergonomis. Roll cage yang ditingkatkan dan perlindungan benturan samping FIA yang baru dikembangkan. Layar 10,3 inci, misalnya, berasal dari pembalap piala one-make yang sukses, dengan konsep multi-switch yang diadopsi dari pemenang kelas Le Mans.

Baca Juga:
Toyota Umbar 3 Brand Sekaligus di GIIAS 2022

Lampu depan LED berperforma tinggi, mengandalkan apa yang disebut teknologi kolimator. Dikembangkan Porsche untuk prototipe LMDh 963 baru. Bekerja seperti kaca pembesar, hanya secara terbalik. Porsche Motorsport sekarang menawarkan 911 GT3 R baru dengan harga 511.000 Euro.


(uda)