MotoGP Mugello 2022

Juarai Laga Kandang, Bagnaia Bikin Rekor Tercepat Baru di Mugello

Francesco Bagnaia dulang kemenangan di laga kandangnya dengan performa sempurna.FB
Francesco Bagnaia dulang kemenangan di laga kandangnya dengan performa sempurna.FB

Autogear.id - Mengawali balapan dari posisi start kelima, bukan hal mudah bagi pembalap tuan rumah yaitu Francesco Bagnaia di laga kandangnya. Namun jika melihat kompetitifitasnya sejak sesi latihan hingga sesi latihan pemanasan, Ia memang menyimpang potensi besar mengamankan posisi terbaik di sesi balapan. Hingga akhirnya hal itu berhasil Ia wujudkan.

Pembalap dengan sapaan akrab Pecco itu sontak bisa memenangi balapan dengan sempurna. Meski mengawali balapan kurang baik, namun performanya di pertengahan balapan meleset sempurna dan menyusul semua pembalap yang ada di depannya. Meski Fabio Quartararo sempat mengejar ketertinggalannya beberapa kali, namun konsistensi catatan waktu Pecco membuat Quartararo kesulitan.

Selain konsistensi, bagian yang membuatnya sangat bangga adalah karena Ia sukses mematahkan catatan waktu tercepat dalam balapan yang selama ini diamankan oleh Jorge Martin di sirkuit tersebut. Yaitu 1 menit 46,588 detik yang diraihnya pada lap kelima. 

Kondisi berkebalikan justru dirasakan oleh Quartararo. Meski berhasil mengamankan posisi finish di urutan kedua, namun tentu ini masih menjadi tugas bagi Yamaha, soal motornya yang tak begitu kompetitif di trek lurus. Padahal beberapa lap sebelum garis finish, Ia sempat memotong selisih waktu dari Pecco, namun harus pasrah finish di urutan kedua.

Baca Juga:
Nih, Fitur Wajib Kendaraan Sehat Menuju Masa Endemi

Konsistensi tinggi juga ditunjukkan oleh pembalap Aprilia yaitu Aleix Espargaro. Pencapaian podium di Mugello kali ini menjadi podium yang keempat kalinya Ia capai. Ini menjadi pembuktian besar bagi tim asal Italia itu bahwa riset yang mereka lakukan selama ini berjalan dengan sukses.

Nasib kurang beruntung justru dirasakan oleh peraih posisi pole yaitu Fabio Di Giannantonio. Memang Ia mengawali balapan dengan sangat baik, namun kalah pengalaman dan performa motor belum yang terbaik di sesi balap, membuat posisinya harus melorot ke urutan 11. Tentu ini menjadi tugas besar bagi tim untuk terus memperbaiki pencapaian pembalap tuan rumah itu.

Hasil MotoGP Mugello 2022:
1. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) + 0.635
3. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) + 1.983
4. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) + 2.590
5. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) + 3.067
6. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) + 3.875
7. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) + 4.067
8. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 10.944
9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 11.256
10. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 11.800


(uda)