Komunitas Otomotif

HOG Anak Elang Jakarta Touring ke Bali, Latih Skill Member Baru?

Touring yang digelar untuk ketiga kalinya ini mengambil rute start dari Kota Bandung, Jawa Barat, menuju Solo, Jawa Tengah dan Banyuwangi, Jawa Timur. HOG
Touring yang digelar untuk ketiga kalinya ini mengambil rute start dari Kota Bandung, Jawa Barat, menuju Solo, Jawa Tengah dan Banyuwangi, Jawa Timur. HOG

Autogear.id - Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter kembali menggelar kegiatan touring tahunan. Bertajuk H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter 3rd Official Journey, yang berlangsung pada 1 - 5 Maret 2023. Touring yang digelar untuk ketiga kalinya ini mengambil rute start dari Kota Bandung, Jawa Barat, menuju Solo, Jawa Tengah dan Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kemudian finish di Pulau Dewata, Bali. Melibatkan sekitar 90 peserta, yang di dalamnya didominasi oleh member baru H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. “Sebagai informasi, H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter Official Journey diinisiasi pada tahun 2019, dengan rute Jawa – Bali, melakukan napak tilas ke berbagai lokasi wisata,” kata Direktur H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, Suherli.

Bikers senior tersebut mengatakan, selama dua tahun, tepatnya pada 2020 dan 2021, touring tidak bisa terlaksana akibat Covid-19. Barulah pada tahun 2022, H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter 2nd Official Journey kembali digelar, dan tahun ini merupakan touring yang ketiga. 

“Ini merupakan kegiatan yang tertata rapi dalam manajemen touring. Peserta bakal dikawal Road Captain, 2 orang Safety Officer dan 2 orang Swipper. Terbagi menjadi 4 grup, masing-masing beranggotakan 20-25 motor. Jumlah yang ideal, sehingga konvoi tidak terlalu panjang,” tutur Suherli di H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (26/2/2023).

Dia menambahkan, touring yang menempuh jarak sejauh 1200 Km ini juga akan selalu berkoordinasi dengan petugas kepolisian. Menjauhi segala hal yang menciptakan kesan yang selama ini terstigma di tengah masyarakat, kalau pengguna motor besar itu arogan di jalan.

“Jadi dalam touring ini, para peserta hanya harus fokus dan konsentrasi pada skill berkendara yang aman dan nyaman. Untuk semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan touring, sudah diatur seoptimal mungkin oleh official H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. Terpenting, jaga Kesehatan, pastikan tubuh dan kendaraan dalam keadaan fit,” bebernya.

Selama ini H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter dikenal memiliki tiga pilar kegiatan, yaitu touring, gathering dan charity. Dalam setiap kegiatan touring, aktivitas charity tidak pernah terlewatkan. Demikian pula dalam touring H.O.G. Anak Elang Jakarta Chapter 3rd Official Journey yang didukung oleh El Hotel Group, 76 Garage, ABP Energy, dan Samedja ini. 

Ada dua kegiatan charity di dalamnya, yaitu kegiatan bakti kasih untuk anak yatim di Kota Solo dan Banyuwangi. Di samping ada pula kegiatan penanaman pohon Mangrove di salah satu area pesisir di Pulau Bali. Menunjukkan kalau bikers juga ikut peduli akan kelestarian lingkungan hidup.


(uda)