Motor Baru

Longok Spek Harley-Davidson Pan America 1250 Special Yuk!

Pasar motor besar atau dikenal sebagai moge, motor gede, tetap digandrungi. Ada saja peminatnya, walaupun jumlahnya tidak sebanyak motor-motor berkubikasi mesin kecil mulai dari 125cc - 250cc.  AG-Uda
Pasar motor besar atau dikenal sebagai moge, motor gede, tetap digandrungi. Ada saja peminatnya, walaupun jumlahnya tidak sebanyak motor-motor berkubikasi mesin kecil mulai dari 125cc - 250cc. AG-Uda

Autogear.id – Pasar motor besar atau dikenal sebagai moge, motor gede, tetap digandrungi. Ada saja peminatnya, walaupun jumlahnya tidak sebanyak motor-motor berkubikasi mesin kecil mulai dari 125cc - 250cc. Seperti produk moge segmen premium, tunggangan asal negeri Paman Sam, Amerika Serikat yakni Harley-Davidson (H-D). Merek ini baru saja memperkenalkan full line-up Model Year (MY) 2023 untuk pasar Indonesia. 

Sebut saja di antaranya, Sporster S, Nightster Special, Road King Special, Street Glide Special, Fatboy 114, Ultra Limited, dan tidak ketinggalan Pan America 1250 Special serta Breakout 117. Di samping memperkenalkan full line-up MY 2023, Sales & Marketing Director JLM Auto Indonesia, Irvino Edwardly, juga menyebutkan kalau H-D sekalian menunjukkan induk agen pemegang merek barunya, yaitu PT JLM Auto Indonesia. 

Sebuah perusahaan joint venture, gabungan antara pemimpin pasar distribusi otomotif global, Inchcape Plc dengan partner lokal Indomobil Group. "Menjalankan bisnis di bulan Januari 2023, PT JLM Auto Indonesia menetapkan diri sebagai agen pemegang merek (APM), importir dan distributor resmi H-D di Indonesia. Hingga saat ini menaungi lima dealer," ucap Irvino beberapa waktu lalu. 

Lebih jauh Vino menjelaskan, saat ini dealer terbaru mereka berlokasi di Jakarta, Bandung, Sukoharjo, dan Bali. "Selanjutnya kami pun ingin secara konsisten membuka dealer baru lainnya, di beberapa kota besar di Indonesia," terangnya. Vino juga mengatakan, mereka siap menghadirkan model-model terbaru, seraya saat ini mereka juga sambil memperkenalkan 2 model baru yang bisa dikendarai mengarungi ragam perjalanan. Kedua model baru tersebut adalah Harley-Davidson Pan America 1250 Special serta Breakout 117.

Baca Juga:
Rasanya Kencan Sejenak Bareng Si Mungil Seres E1

 
"Saya merasa sangat bangga menjadi bagian dari peluncuran perdana Pan America 1250 Special dan Breakout 117 yang kita miliki di Indonesia. Serta motor lain seperti Nightster Special dan Sportster S yang menggunakan teknologi mesin terbaru Revolution Max dan telah menjadi wajah baru di pasar Indonesia serta keseluruhan di pasar global," tegas Irvino.

Digadang-gadang, Pan America 1250 menjadi motor petualang yang head to head langsung dengan BMW GS dan Honda Africa Twin. Tampilan gagah dan berotot khas motor-motor H-D, dengan perwajahan cenderung gemuk, namun berbeda dengan motor adventure bongsor sekelasnya. Desain lampu depan memanjang ke samping, menyambung ke fairing. Di atas lampu ada windshield besar yang bisa disetel. Setang juga dapat diatur tingginya, dan jok lumayan tebal. 

Tangki bahan bakar dapat menampung 21,2 liter bensin. Sasis belakang terekspos, menambah kesan tangguh. Buritan dilengkapi lampu belakang agak kecil, muffler knalpot besar berkonfigurasi 2-1. Klaster instrumen layar sentuh TFT 6,8 inci, dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay atau Android Auto. Dibekali aneka fitur kenyamanan berkendara, mulai dari cruise control serta 5 riding mode; Rain, Road, Sport, Off-Road dan Off-Road Plus. 

Motor mengusung fitur cornering traction control ABS, membantu bikers saat menikung. Suspensi depan Showa 47mm, dan Showa di belakang. Pelek model jari-jari, depan 19 inci dan belakang 17 inci. Motor berbobot 253,5 kg ini menyematkan sistem pengereman cakram kembar ukuran 320mm di depan. Sedangkan di belakang cakram tunggal 280 mm. Mesin berkonfigurasi V-Twin 1.252cc, tenaga 150 Tk pada 9.000 rpm dan torsi 127 Nm pada 6.750 rpm. 

Baca Juga:
Stargazer X Bisa Jadi Teman Perjalanan Baru yang Gak Bikin Bosan?

Dilengkapi teknologi dual overhead cams dengan variable valve timing. Tenaga disalurkan ke roda belakang pakai transmisi 6-percepatan. Perpindahan gigi lebih nyaman, kopling memakai assist dan slipper clutch. Menyangkut harga, tersedia dalam tiga warna, paling murah adalah tipe Vivid Black seharga Rp 811.965.000. Lalu tipe Color Rp 816.405.000, dan versi Two Tone Rp 818.403.000. Semua adalah harga off the road, belum termasuk BBN dan PPh22.


(uda)