Mobil Listrik

Gokil, Produsen Gadget Ramai-ramai Ikutan Main Mobil Listrik

Produsen gadget kini mulai rambah produksi mobil listrik, bisa jadi menggeser produsen kendaraan yang sudah punya nama. IG
Produsen gadget kini mulai rambah produksi mobil listrik, bisa jadi menggeser produsen kendaraan yang sudah punya nama. IG

Autogear.id – Selama ini diketahui kalau Xiaomi merupakan salah satu merek gadget asal negeri Tirai Bambu. Namun sekarang ini, pabrikan gadget asal Cina itu tak hanya memproduksi gadget. Melainkan turut merambah ke industri otomotif, dengan mulai menyentuh segmen mobil listrik.

Bekerja sama dengan Beijing Automotive Group Co. (BAIC), merek Xiaomi mulai mencanangkan produksi kendaraan listrik roda empat. Sebenarnya apa yang direncanakan Xiaomi ini bukanlah sesuatu yang baru. Pasalnya, sejak 2021 lalu, mereka telah menggodoknya. Targetnya adalah dapat meluncurkan mobil listrik buatan sendiri pada 2024 nanti.

Mengutip data dari Bloomberg, sebetulnya Xiaomi memiliki beberapa opsi yang bakal mereka terapkan, demi mencapai tujuan tersebut. Menariknya, salah satu opsi mereka adalah membeli saham di pabrikan asal Negeri Ginseng, Hyundai. Sejauh ini dikabarkan Hyundai memang sudah mengantongi lisensi untuk memproduksi mobil di Cina.

Apalagi, niatan Xiaomi masuk ke dunia otomotif sempat mengalami penundaan perihal kepemilikan lisensi untuk membuat mobil listrik sendiri. Sesuai target yang dicanangkan dan kesepakatan yang dibentuk oleh Komite Manajemen Area Pengembangan Ekonomi-Teknis Beijing di tahun lalu.

Baca Juga:
Hyundai Stargazer, Performanya Gokil di Kategori Mobil Keluarga

Timbul pertanyaan, apakah hanya Xiaomi sebagai produsen gadget yang mulai coba-coba menjamah mobil listrik? Tidak juga sebenarnya. Karena salah satu rival Xiaomi, yakni Huawei, malah sudah duluan meluncurkan mobil listrik pertama mereka yang dibekali sistem operasi HarmonyOS.

Huawei memberi nama mobil itu Aito M5. Bahkan mereka akan mulai mengirimkan pesanan konsumen dalam waktu dekat ini. Mengacu informasi yang tertera pada situs web Aito, dikatakan Aito M5 masuk kategori SUV menengah dan dibanderol harga sekitar Rp568 Juta.

Bila Xiaomi jeli melihat harga yang dipasang oleh Huawei, mestinya Xiaomi bisa lebih pede dan menjadikannya pertimbangan untuk tetap bisa bersaing di lini otomotif dengan sesama produsen gadget. Setelah Huawei ketahuan juga sudah memproduksi mobil listrik, ternyata Apple melalui Apple Inc merencanakan untuk meluncurkan mobil listrik pada awal 2025. Begitupula dengan OPPO.

Apple malah berencana memproduksi mobil listrik tanpa kemudi dan pedal. Mengusung konsep hands-off driving. Memungkinkan pengemudi lepas tangan sewaktu mengemudikannya. Walaupun dari pihak Apple sendiri belum melepas pernyataan resmi. Terkait rencana mereka membuat mobil listrik canggih. Tetapi para pemerhati otomotif menggadang-gadang, Apple tetap akan merilis mobil listrik produksi mereka dalam kurun waktu tiga tahun ke depan.


(uda)