Balap Motor

18 Kelas dan Ribuan Penonton Siap Pecahkan Kejurnas Motorprix Seri 3 Sentul

Penyelenggaraan Motorprix region B di Jakarta diprediksi bakal membludak, apalagi kelas yang dilombakan juga cukup banyak yaitu 18 kelas. MP
Penyelenggaraan Motorprix region B di Jakarta diprediksi bakal membludak, apalagi kelas yang dilombakan juga cukup banyak yaitu 18 kelas. MP

Autogear.id – Angin segar dunia otomotif, khususnya di kancah balap Tanah Air. Seiring kondusifnya suasana pandemi yang sempat melanda, akhirnya Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix (MP) region B putaran ke-3, meliputi Jawa, Bali, NTB dan NTT, akan segera digelar. 

Setelah sebelumnya relatif sukses dihelat, karena beberapa waktu lalu masih dalam keadaan pandemi, untuk Motoprix putaran perdana di Surabaya, Jawa Timur dan putaran ke-2 di Sirkuit Mijen Semarang, Jawa Tengah. Kini, giliran Sentul International Karting Circuit (SIKC) kebagian tuan rumah, tepatnya pada 30-31 Juli 2022. 

Ajang kejurnas balap motor bergengsi MP putaran ke-3 nanti dijadwalkan terdiri dari 18 kelas yang dilombakan. Perinciannya adalah 5 kelas kejurnas, dimana satu di antaranya akan diisi oleh kelas wanita MP5, serta 13 supporting class yang diprediksi baka menjanjikan daya tarik tersendiri bagi penonton dan peserta.

“Motoprix merupakan kejuaraan balap motor nasional yang terus eksis, meramaikan tumbuh kembang dunia otomotif di Indonesia. Alhamdulillah, setelah sempat menggelar Motoprix region B putaran perdana dan ke-2 di tengah kondisi pandemi. Kini putaran ke-3 yang rencananya dihelat di SIKC sudah mengantongi izin dari pihak terkait yang relatif lebih bebas,” urai Kabid Roda 2 IMI DKI Supriyono, sekaligus penyelenggara MP putaran 3 Sentul, di CRK Automotive Headquarters, Jl. Cilandak I, Jakarta Selatan, Jumat (15/7/2022) petang.

Baca Juga:
Sstt...! All New Honda Civic Type R Nongol Pekan Depan Lho!

Menurut lelaki yang sudah sekitar 20 tahun malang melintang di ranah otomotif Indonesia, khususnya roda dua ini, MP putaran 3 nanti bakal banyak melakukan evaluasi. Terutama berkaca dari penyelenggaraan sebelumnya di MP putaran 1 dan 2.

“Terutama dari sisi kemudahan penyelenggaraan, walaupun pandemi masih ada. Kami targetkan pengunjung sebanyak-banyaknya, mungkin lebih dari 3000 penonton. Begitupula dengan peserta, sudah banyak yang mendaftar untuk ikut,” ucap Supriyono yang juga sebagai Marketing Eksekutif Officer (MEO) di Pikoli Oil.

Dia pun berharap MP region B putaran 3 yang akan digelar akhir bulan ini, dapat menjadi wadah para pebalap daerah. Khususnya untuk membuktikan kualitas balap mereka, di kancah balap nasional. Dan pada akhirnya mereka bisa advance ke tim-tim papan atas untuk meraih kejuaran international. “Apalagi nantinya dari seluruh region akan Final Battle kembali di Sentul, memperebutkan Piala Presiden,” terangnya.

Memperkuat apa yang disampaikan Supriyono, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dody Irawan menjelaskan kejurnas MP selama ini terdiri dari 4 regional (A,B,C dan D). Masing-masing regional melakukan 4 putaran kejuaraan. Dari 4 putaran pada masing-masing regional tadi, salah satunya adalah putaran final terdiri dari 4 kelas, yakni MP1, MP2, MP3 dan MP4. Pemenangnya akan mendapatkan Piala Presiden RI 2022.

Baca Juga:
Angkat Nuansa 80-an, Royal Festival Target Dibanjiri Ribuan Bikers

Menurutnya, kesempatan ajang balap Motoprix yang dari Sabang sampai Merauke ini, memang sudah seharusnya dapat menjadi ajang pembuktian pebalap dan tim-tim balap daerah. Menjadi tim papan atas yang bertaraf international. Apalagi dengan adanya grand final dari seluruh region di Indonesia nanti, maka akan tersaring pebalap yang mumpuni. 

“Karenanya gelaran MP Regional B putaran 3 ini sudah selayaknya dari sisi kualitas juga akan memuaskan para mitra pendukung, pebalap dan tim balap, serta semua yang terlibat di dalamnya,” pungkasnya. 


(uda)