Program Lebaran APM

Ini Alasan Exxon Mobil Gandeng IPOMI Gelar Mudik Mekanik

Exxon Mobil bekerja sama dengan IPOMI gelar mudik bareng untuk mekanik bengkel. EMLI
Exxon Mobil bekerja sama dengan IPOMI gelar mudik bareng untuk mekanik bengkel. EMLI

Autogear.id - Kesan sumringah terpancar dari raut wajah para pemudik, peserta program mudik bareng gratis Exxon Mobil Lubricants Indonesia (EMLI), Federal Oil dan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI). Ratusan pemudik yang terdiri dari puluhan kepala keluarga adalah para mekanik otomotif roda dua dan empat, pagi itu berangkat mudik menggunakan bus. Dengan kota tujuan antara lain Solo, Yogyakarta dan Surabaya jalur utara serta selatan.

Mudik yang keberangkatannya dilakukan dari Pol Perusahaan Otobus (PO) Sumber Alam, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022), mulai dilepas jajaran direksi EMLI, Federal Oil dan IPOMI sekira pukul 09.30 WIB. Dilakukan dengan penerapan standar protokol kesehatan yang berlaku serta pengawalan petugas kepolisian. Memang tidak seperti tiga tahun lalu, atau momentum sebelum pandemi. Pemberangkatan mudik gratis yang dilakukan Exxon Mobil dan Federal Oil ini terasa sedikit berbeda.

Jumlah pesertanya bisa dikatakan belum sebanyak ketika mudik bareng, yang pernah diberangkatkan perusahaan pelumas ini sebelumnya. Baik itu pemberangkatan dari Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan. Maupun yang pernah dilepas dari kantor mereka, sewaktu masih di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Selain itu, yang membedakan keberangkatan mudik bareng kali ini juga karena menggandeng IPOMI, dalam hal ini diwakili PO Haryanto dan PO Sumber Alam. “Terus terang pemberangkatan mudik bareng kali ini sebagai uji coba lagi, setelah dua tahun kami tidak melakukannya. Persiapannya bisa dibilang mepet, itupun setelah pemerintah resmi memberi lampu hijau untuk bisa kembali mudik lagi pasca pandemi,” tutur Market Development Director PT EMLI, Sri Adi Negara.

Baca Juga:
Segini Jumlah Posko dan Teknisi Grup Astra Buat Melayani Pemudik

Adi menambahkan, alasan mereka menggandeng IPOMI, karena diakuinya strategi EMLI ke depan bukan sebatas menggenjot pasar pelumas roda dua dan empat. Melainkan juga pelumas kendaraan komersial, di antaranya kendaraan-kendaraan yang dinaungi IPOMI ini.

Adapun dalam pelepasan mudik bareng gratis ini, IPOMI dihadiri sang Ketua, Kurnia Lesani Adnan, serta Rian Mahendra, putra dari H. Haryanto pemilik PO Haryanto. Kurnia memastikan, bahwa mekanik yang diberangkatkan dalam program ini aman dan nyaman selama perjalanan.

“Mudik sehat, aman, dan nyaman, karena keselamatan para mekanik beserta keluarga yang menjadi pemudik menjadi prioritas IPOMI. Peserta yang mudik, bisa merasakan dan menikmati fasilitas bus kami selama perjalanan,” ujarnya.

Sementara Rian mengatakan, para peserta mudik bareng ini harus merasa beruntung, dan sedikit banyak mengucapkan terima kasih kepada EMLI dan Federal Oil, karena telah difasilitasi.

Baca Juga:
Mobil Pemudik Hantam Bus di Kota Banjar, 4 Orang Luka Serius

“Peserta mungkin perlu mengucapkan terima kasih, karena luar biasa Exxon Mobil dan Federal Oil ini. Sejak sebulan lalu sudah hubungi kami, jadi kami bisa bantu siapkan armada jauh-jauh hari. Bayangkan, kalau peserta mudik dari terminal bus umum, mungkin baru bisa berangkat dua hari kemudian. Soalnya macet dimana-mana,” terang Rian.

Terkait mekanik yang diberangkatkan mudik, berasal dari bengkel-bengkel rekanan Federal Oil Center (FOC) dan Super Federal Oil Center (SFOC) yang tersebar di area Jabodetabek. Dan kegiatan ini merupakan rangkaian program sepanjang April - Mei 2022 bertajuk ‘Berbagi di Bulan Kemenangan’. Dimana selain mudik gratis, ada juga kegiatan lain yang ditujukan bagi konsumen, mekanik dan bengkel.


(uda)