Mobil Baru

Hanya Selisih 1,5 Tahun, Versi Facelift Hyundai Palisade Nongol

New Hyundai Palisade hanya berjarak 1,5 tahun dari versi pertama yang meluncur di Indonesia. Apa saja yang baru? Simak ulasannya. AG - Uda
New Hyundai Palisade hanya berjarak 1,5 tahun dari versi pertama yang meluncur di Indonesia. Apa saja yang baru? Simak ulasannya. AG - Uda

Autogear.id - Hyundai Motors Indonesia (HMID) memang punya komitmen besar dalam hal produk kendaraan terkini. Bisa dilihat di Hyundai Palisade yang rasanya baru nongol di pasar otomotif Indonesia pada akhir 2020 lalu. Malah kini sudah nongol versi terbarunya yang merupakan facelift yaitu New Palisade.

Jika melihat secara detail perubahannya, pembaruan dari segi interior, eksterior, fitur keselamatan hingga sistem bantuan pengemudi dilakukan. Selain dilengkapi dengan grille cascade yang lebih lebar New Hyundai Palisade juga disematkan dengan berbagai fitur tambahan dari Hyundai SmartSense. Kemudian Bluelink juga dihadirkan sebagai teknologi konektivitas untuk memungkinkan pengguna mobil ini saling terhubung dan memiliki akses penuh pada mobilnya.
 
Dalam sambutannya, Presiden Direktur HMDI, WooJune Cha menegaskan bahwa bukan hanya faktor premium dari segmentasinya, namun fitur-fitur terbaik pun mereka benamkan di sana. Dan ini menjadi kebanggaan tersendiri menurutnya, lantaran mereka cukup tanggap menghadirkan versi terbaru dari kendaraan yang harganya dibanderol mulai Rp842 juta hingga Rp1,1 miliar itu.
 
“Versi terbaru ini hadir dengan desain baru dan penyempurnaan fitur-fitur canggih serta tampilan yang mewah pada eksterior dan interior. Sehingga dapat memberikan kesan untuk Empower Your  World sesuai dengan gaya dan minat pelanggan,” ujar WooJune Cha.  

Baca Juga:
Mazda 2 Sedan Lebih Elegan, Apa Bedanya dengan Hatchback?

Lalu apa saja yang diperbarui di kendaraan tersebut?
Dari sisi bumper, desain mobil ini sehingga terlihat lebih menyatu dengan grille nya dan menerapkan fitur Parametric Shield. Terdapat juga Parametric Hidden-Type DRL yang mengintegrasikan grille dan lampu secara penuh sehingga tampilan lampu tidak terlihat saat mobil dalam keadaan mati.  

Detail baru di skid plate depan serta nuansa pilar C yang berani dan panoramic view samping yang menghadirkan ruang baris ketiga yang lebih lapang. Desain ini juga memberikan manfaat aerodinamis, dengan desain khusus yang mencakup sudut pilar A dan area pendinginan depan yang dioptimalkan. 

FItur-Fitur Terbarunya
SUV terbaru ini menyediakan dua pilihan trim wheels, Alloy Wheels berukuran 18 inci dan  20 inci. Produk ini juga dilengkapi fitur Electrochromic Inside Rear View Mirror untuk mengurangi silau lampu pada kaca spion ketika cahaya berlebih terdeteksi dari bagian belakang kendaraan. 

Fitur di bagian kabin juga tak kalah menawan. Terdapat pengatur suhu kursi yang memberikan kesejukan dan kenyamanan ekstra saat dibutuhkan untuk pengemudi dan penumpang di baris depan dan kedua. Selain itu, disematkan juga Heated Seat, yaitu pengatur suhu kursi yang memberikan kehangatan ekstra saat dibutuhkan untuk pengemudi dan penumpang pada baris pertama hingga kedua. 

Baca Juga:
Targetkan 4000 Pengunjung, Motoprix Buka Kelas Tambahan

Bagian MID-nya dibekali TFT Color Touch Display Audioberukuran 12,3 inci dengan tampilan digital untuk akses ke pengaturan untuk bantuan lebih lanjut dan fitur kenyamanan lainnya. Lalu ada 2 (dua) port USB-C Charging di tiap baris dari baris pertama hingga baris ketiga dengan jumlah keseluruhan 6 port USB. Kemudian mobil ini juga dilengkapi dengan Single dan Dual Sunroof. 

Di sisi pemanja terilnga alias audio systemnya, dibekali Infinity Premium Audio (12 Speakers) yang memberikan suara jernih dan kenyamanan berkelas untuk penumpang. Selain itu, Rear Seat Passenger Talk Mode. Fitur ini memungkinkan pengemudi berbicara dengan penumpang di kursi paling belakang dengan baik tanpa harus teriak-teriak. 

Masih Mengusung Mesin yang Sama
Performa mesin meski tak ada ubahan, namun optimalisasi penggunaan mesin bakar di mobil ini dibuat lebih baik. Masih menggendong tipe mesin kendaraan R. 2.2 L CRDI inline 4 cylinder diesel with e-VGT didukung 8-speed automatic transmission agar efisiensi bahan bakar maksimal. Performa Tenaga 200 PS/3,800 rpm dengan torsi maksimum mencapai 440 Nm/1,750-2,750 rpm masih sama dengan versi terdahulu.  
 
Bagian lain yang mengalami ubahan adalah Drive Mode untuk membantu menentukan gaya berkendara paling sesuai, termasuk: COMFORT untuk aktivitas berkendara sehari-hari, ECO untuk efisiensi penggunaan bahan bakar yang optimal, mode SPORT untuk akselerasi mobil yang lebih cepat, atau SMART yang menggunakan algoritma pembelajaran yang secara otomatis menyesuaikan interval perpindahan gigi berdasarkan pola berkendara dari pengemudi. 

Baca Juga:
Podium di OnePrix Seri 2, Motivasi Tertinggi Tim Balap DAM

 
Fitur Safety Superior
Dari sisi keselamatan, bagian yang baru bisa dibilang cukup banyak. Seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA) dan Blind Spot Collision-Avoidance Warning (BCW) menggunakan sensor radar untuk memperingatkan pengemudi tentang lalu lintas di area blind-spot. 
 
Driver Attention Warning (DAW) memberikan peringatan ketika mendeteksi pengemudi tampak kelelahan dan merekomendasikan pengemudi untuk istirahat jika diperlukan. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang berfungsi saat kendaraan mundur dari posisi parkir, sensor ini akan mendeteksi adanya objek atau kendaraan yang mendekat dari sisi kiri atau kanan belakang. Sensor ini juga mampu memberikan peringatan audio, dan jika diperlukan, akan mengaktifkan rem secara otomatis. 

Produk terbaru ini juga dilengkapi dengan Manual Speed Limit Assist (MSLA), yang dapat mengatur batas kecepatan ketika pengemudi tidak ingin mengendarai mobil melebihi batas tertentu. Apabila mobil sudah meluncur dan melebihi batas kecepatan yang telah diatur, sebuah notifikasi peringatan akan muncul hingga kendaraan kembali ke batas kecepatan yang telah diatur. 
 
Dilengkapi INterkoneksi Hyundai Bluelink
Salah satu yang diandalkan pabrikan asal Korea ini untuk mobil terbarunya adalah Hyundai Bluelink. Ini sebuah connected car services terdepan untuk melengkapi pengalaman berkendara yang mewah dan mutakhir. Teknologi ini memungkinkan pengemudi Palisade terhubung dengan mobilnya melalui smartphone mereka masing-masing. 

Baca Juga:
Perawatan Radiator Motor, Penting jika Tak Mau Overheat

Hyundai Bluelink dapat memungkinkan pemilik mobil untuk menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci atau membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan atau mematikan lampu, mengetahui lokasi parkir kendaraan, dan lain sebagainya melalui smartphone pengguna. 
 
Jika mobil dicuri orang, fitur Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization akan beroperasi pada saat terjadi percobaan pencurian kendaraan dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone penggunanya. Mobil ini akan berhenti total pada saat pemiliknya menghubungi Call center. Ada pula fitur Valet Parking Mode, yaitu sebuah fitur yang akan mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment pada saat mobil sedang mendapatkan layanan parkir valet. 
 
Tersedia dalam beberapa varian warna eksterior, seperti  Creamy White Pearl, Moonlight Blue Pearl, Graphite Gray Metallic, Abyss Black Pearl, Shimmering Silvering Metallic. Sementara itu, interiornya tersedia dalam 3 warna pilihan yaitu Black Monotone, Black & Burgundy, Navy & Warm Grey. 
 
New Hyundai Palisade hadir dengan pilihan 3 varian :  
PALISADE Prime dengan harga Rp842.000.000 (On-the-Road Jakarta). 
PALISADE Signature 2WD dengan harga Rp977.000.000 (On-the-Road Jakarta). 
PALISADE Signature AWD dengan harga Rp1.110.000.000 (On-the-Road Jakarta). 
 


(uda)