Jelang Mudik Lebaran 2022

Begini Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022

Perhatkan jalur paling aman untuk mudik dan jalur alternatifnya jika terjadi kemacetan di luar dugaan. pupr_bpjt
Perhatkan jalur paling aman untuk mudik dan jalur alternatifnya jika terjadi kemacetan di luar dugaan. pupr_bpjt

Autogear.id – Dua tahun masyarakat Indonesia tidak melaksanakan Mudik Lebaran. Salah satu tradisi di Tanah Air, setiap merayakan Hari Raya Idul Fitri, untuk bertemu orang tua dan keluarga di kampung halaman. Lantaran adanya PPKM, akibat pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia.

Tetapi, tahun ini Pemerintah mengeluarkan kebijakan. Mulai membuka lagi kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran. Mengingat kondisi pandemi berangsur-angsur pulih menuju normal, dengan banyak daerah di Indonesia mulai berstatus PPKM Level 2 dan 1.

Ketika dua tahun tradisi rutin tersebut hilang, tentunya kemungkinan besar jumlah pemudik tahun ini meningkat drastis. Masyarakat perantau rindu kampung halaman, untuk berjumpa orang tua dan sanak family di tanah kelahiran.

Menyikapi hal tersebut, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPJT KemenPUPR), bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), bakal menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Demi menjaga kelancaran arus mudik dan balik pada Lebaran 2022 ini.

Baca Juga:
Cegah Antrean, SPBU Ini Bisa Jadi Alternatif Para Pemudik

Seperti dikatakan Kepala BPJT Danang Parikesit, dalam mendukung pelaksanaan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2022, pihaknya fokus terhadap peningkatan pelayanan di jalan tol, dengan memastikan kualitas jalan tol dalam kondisi baik.

Begitu pula peningkatan layanan transaksi, peningkatan layanan tempat istirahat dengan protokol kesehatan Covid-19, peningkatan layanan lalu lintas di jalan tol, peningkatan layanan konstruksi, kesiapsiagaan antisipasi penanganan bencana melalui kerjasama dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan BNPB beserta stakeholder terkait.

"Terkait manajemen pengaturan lalu lintas di Jalan Tol selama periode Lebaran 2022, BPJT akan mengikuti instruksi dan arahan dari Polri. Seperti kebijakan buka-tutup rest area, oneway dan contraflow, ganjil genap (gage) di Jalan Tol, serta pengendalian kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL)," ujar Danang, seperti dikutip dalam laman resmi BPJT, Senin (18/4/2022).

Sementara itu, Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi, seperti dilansir bisnis.com mengatakan, sistem satu arah atau one way akan berlaku serentak, menerapkan konsep gage. Pihaknya memperkirakan arus mudik akan dimulai Kamis (28/04/2022) pukul 17.00 WIB. Hal tersebut juga berdasarkan perhitungan para ahli di bidang jalan. 

Baca Juga:
Apes! Jam Tangan Rp4,6 Miliar Milik Leclerc Raib saat Ketemu Fans

“Dari kajian itu, diperkirakan kapasitas normal tak dapat menerima tambahan beban 47 persen pemudik, yang akan menggunakan jalur darat bersamaan. Selain itu, kebijakan ini pun akan dibantu dengan sistem contraflow,” ungakp Firman.

Adapun kebijakan satu arah di Jalan Tol rencananya berlaku mulai KM 47 tol Jakarta-Cikampek sampai KM 313 gerbang Tol Kali Kangkung. Nantinya, Jalur B yang biasanya digunakan untuk kendaraan ke Jakarta pada jalur Jakarta-Cikampek, dimanfaatkan untuk menuju ke arah Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Jadi bagi masyarakat yang memanfaatkan hari Kamis, diharapkan yang menuju arah timur langsung mengambil lajur kanan saat menuju Km 47, dan memanfaatkan jalur B atau yang biasa digunakan untuk arah Jakarta," tegasnya.

Nantinya, berakhirnya atau perpanjangan waktu pelaksanaan one way bersifat situasional, sesuai diskresi Kepolisian.

Baca Juga;
Mau Mudik Pakai Motor? Lakukan Ini agar Aman dan Nyaman

Kendati demikian, lanjut Firman, pihak terkait telah menyusun jadwal satu arah terkait rekayasa lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran 2022. Untuk one way arus mudik Lebaran 2022 yaitu:
1. Kamis (28/4) pukul 17.00-24.00 WIB dimulai dari KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek) s/d KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).
2. Jumat (29/4) pukul 07.00-24.00 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek) s/d KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).
3. Sabtu (30/4) pukul 07.00-24.00 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta - Cikampek) s/d KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).
4. Minggu (1/5) pukul 07.00-12 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta - Cikampek) s/d KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung).

Sedangkan rute one way arus balik Lebaran 2022 sebagai berikut:
1. Jumat (6/5) pukul 14.00-24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) s/d KM 47 (Tol Jakarta - Cikampek).
2. Sabtu (7/5) pukul 07.00-24.00 WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) s/d KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).
3. Minggu (8/5) mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin (9/5) pukul 03.00 WIB dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) s/d KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim).
4. Polri juga dapat memberlakukan sistem one way mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangkan volume lalu lintas yang ada.


(uda)