Persiapan Mudik 2023

Lebaran 9 Hari Lagi, Pemudik Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan

Lebaran kian mendekati hari pelaksanaannya, para penumpang yang ingin melakukan mudik menggunakan transportasi umum bus, sudah terlihat peningkatan signifikan. MTV
Lebaran kian mendekati hari pelaksanaannya, para penumpang yang ingin melakukan mudik menggunakan transportasi umum bus, sudah terlihat peningkatan signifikan. MTV

Autogear.id - Lebaran kian mendekat dan orang-orang mulai melakukan persiapan-persiapan yang terkait persiapan perjalanan mudik. Baik itu bersama keluarga maupun hanya perorangan. Hal ini pun mulai nampak terhadap peningkatan jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, melonjak dalam tiga hari terakhir.

Hingga Rabu (12/4) siang ratusan pemudik yang hendak pulang kekampung halaman sudah mulai memadati Terminal Kampung Rambutan. "Memang ada kenaikan (jumlah penumpang), mulai dari tanggal 9 April kemarin. Kenaikan sekitar 20 sampai 30 persen," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni saat ditemui di lokasi, Rabu, 12 April 2023.

Menurut Yulza, peningkatan penumpang diprediksi akan terjadi hingga puncak arus mudik lebaran pada 19 hingga 21 april 2023 nanti. 

Untuk menghindari lonjakan penumpang pada arus mudik lebaran ini, pihak terminal juga meminta agar pihak PO bus menyiapkan bus cadangan yang nantinya dapat digunakan untuk membawa para calon penumpang jika terjadi keterlambatan bus menuju Terminal Kampung Rambutan.

Baca Juga:
Grand Cherokee Siap Masuk Indonesia, Jeep Indonesia Minta Maaf!

"Kami sudah berkoordinasi dengan PO bus untuk menyediakan bus cadangan untuk mengangkut penumpang yang berangkat dari sini," jelasnya.

Sementara itu, para calon penumpang mengaku melakukan mudik lebih awal ini untuk menghindari kepadatan dan kemacetan yang akan terjadi pada puncak arus mudik nanti. "Saya pilihnya sekarang. Soalnya, kan kalau nanti, bakal susah mudik, bakal penuh," ujar Amelia, pemudik tujuan Palembang saat ditemui dilokasi.

Penumpang yang akan pulang kampung melalui Terminal Kampung Rambutan di dominasi untuk tujuan pulau Sumatera dan Jawa Timur. Di kursi tunggu terlihat pemudik menunggu kedatangan bus di area tunggu terminal.

Beberapa di antara mereka ada yang membawa tas besar hingga koper. Namun ada juga yang hanya membawa ransel. (StoryBuilder: Muhardi)


(uda)