GIIAS 2023

Uji Kualitas Mobil Listrik, Pengunjung Serbu Area Test Drive EV di GIIAS 2023

Ada yang unik di zona test drive GIIAS 2023, yaitu zona khusus untuk membutikan performa kendaraan listrik. AG-Uda
Ada yang unik di zona test drive GIIAS 2023, yaitu zona khusus untuk membutikan performa kendaraan listrik. AG-Uda

Autogear.id – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 resmi dibuka sejak Kamis (10/8/2023) oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kab. Tangerang. Tidak hanya menyajikan pameran teknologi otomotif terkini yang atraktif, namun juga menyajikan beragam hal unik termasuk zona pengujian kemampuan terbaik mobil-mobil listrik yang ikut serta di GIIAS 2023.

Salah satu zona yang bisa jadi tempat untuk membuktikan kemampuan mobil-mobil terbaru yang meluncur di GIIAS 2023 adalah zona test drive. Jika tahun lalu area test drive khusus untuk kendaraan listrik berada di Hall-10, pada pelaksanaan pameran Gaikindo yang ke-30 kalinya ini justru akan digelar dengan konsep unik di area outdoor. Yaitu dengan menyiapkan area EV Water Obstacle. Area ini merupakan area khusus dengan genangan air dengan ketinggian sekitar 15-20 cm. 

Project Director Seven Event selaku pelaksana GIIAS, Sri Vista Limbong, mengatakan bahwa tahun ini program test drive khusus untuk mobil listrik, memang diberikan tantangan berbeda. Tujuannya tentu untuk memberikan pembuktian terhadap masyarakat bahwa kendaraan listrik juga siap digunakan untuk beragam kondisi jalan di perkotaan Indonesia. Termasuk melalui genangan air yang cukup tinggi. 

”Pada program test drive dan test ride yang telah disediakan, pengunjung dapat merasakan secara langsung mobil dan motor impian secara gratis dengan melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi Auto360. Kegiatan test drive kali ini akan menjadi pengalaman baru bagi pengunjung pastinya,” ungkap Sri Vista Limbong.

Baca Juga:
Benarkah Platform Mitsubishi XForce Sama Dengan Xpander?

Vista melanjutkan bahwa tahun ini yang berbeda dari kegiatan test drive adalah, jika tahun lalu pengunjung hanya menjadi penumpang (Taxi) pada saat mencoba kendaraan listrik, di GIIAS kali ini pengunjung dapat langsung kemudikan dan rasakan sendiri durabilitas kendaraan listrik melewati beberapa obstacle khusus (water test) yang disediakan pada area test drive. Area  khusus juga dipersiapkan untuk mendemonstrasikan fitur-fitur canggih kendaraan lisrik, mulai dari fitur auto break assist, hingga fitur auto parking akan dapat dicoba langsung oleh para pengunjung.

Fasilitas ini pastinya bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dengan mengikuti proses pendaftaran di Aplikasi Auto360 yang telah disiapkan oleh pengelola pameran. Setelah melakukan registrasi pada aplikasi Auto360, pengunjung harus memilih jenis merek mobil atau motor yang akan dicoba. Kemudian pengunjung dapat membawa bukti registrasi ke area test untuk registrasi ulang.

”Setelah melakukan registrasi, pengunjung dapat menuju ke area test drive atau test ride, untuk kemudian registrasi ulang. Selanjutnya, pengunjung akan didampingi oleh product expert dari masing-masing APM agar mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai kendaraan yang diuji coba,” tambah Vista.

Terdapat 3 zona test drive yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mencoba mobil dan motor yang diinginkan. Area Test Ride berada di Loading Dock Hall 2, kemudian area Test Drive A berada di Loading Dock Hall 3-3A dan area Test Drive B berada pada Loading Dock Hall 6-9. 

Baca Juga:
Blackvue DR770X Box Bikin Aman dan Nyaman Pemilik Mobil

Pengunjung yang ingin melakukan test drive, wajib memiliki lisensi berkendara SIM A atau SIM C yang masih berlaku, memakai sabuk pengaman, membuka kaca kendaraan dan wajib mematuhi segala peraturan yang ada pada area-area tersebut. Sedangkan untuk melakukan test ride tentu pengunjung juga harus memiliki SIM yang masih berlaku, menggunakan helm buat melakukan test ride motor serta mematuhi segala rambu-rambu yang ada.

Untuk menikmati berbagai kendaraan dengan inovasi serta teknologi terkini, masyarakat dapat membeli tiket masuk GIIAS secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 50.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp 100.000,- serta khusus pada tanggal 17 Agustus 2023, tiket GIIAS 2023 dijual secara online seharga Rp 78.000,-.

GIIAS 2023 juga menyediakan penjualan tiket masuk secara onsite pada area pameran dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 70.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) serta tanggal 17 Agustus 2023 seharga Rp 120.000,-.

Rangkaian pameran GIIAS 2023 The Series akan berlangsung pada empat kota di pulau Jawa, GIIAS Tangerang, 10 – 20 Agustus 2023 mengambil tempat di ICE – BSD City. Kemudian dilanjutkan berturut-turut penyelenggaraan GIIAS di Surabaya pada 20 – 24 September 2023, di Grand City Convex, Semarang pada 18 – 22 Oktober 2023, di Marina Convention Center, dan ditutup dengan pelaksanaan GIIAS dikota baru, GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.


(uda)