Serba-Serbi MotoGP

Alex Marquez Bersaksi Ada Komponen yang Copot di Motor Vinales

Alex Marquez melihat ada komponen motor Vinales terlepas saat balapan MotoGP Styria. cmg
Alex Marquez melihat ada komponen motor Vinales terlepas saat balapan MotoGP Styria. cmg

Autogear.id: Rider Yamaha, Maverick Vinales gagal finish saat berlangsungnya balapan MotoGP Styria, Minggu (23/8/2020) di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. 

Insiden ini terlihat cukup aneh, pasalnya Vinales tiba-tiba saja meloncat dari motor Yamaha M1 miliknya di kecepatan 220 km/jam. Motor Vinales terus melaju kencang hingga menabrak pembatas sirkuit dan terbakar. 

Usai balapan, Vinales menjelaskan bahwa rem motornya meledak sehingga ia tidak punya pilihan lain selain loncat dari motor karena tidak bisa menurunkan kecepatan. 

Salah satu pesaing, Alex Marquez mengaku melihat ada potongan parts motor milik Vinales yang terjatuh sebelum pembalap Yamaha tersebut mengalami rem blong. 

Baca juga: Vinales Lompat dari Motor di Kecepatan 220 Km/Jam, Ini Penyebabnya

Saat menyadari ada part hitam yang copot dari motor Vinales, ia semakin khawatir sesuatu yang serius bisa saja terjadi. 

"Bukan sesuatu bagus untuk membuntuti Vinales dan melihatnya melompat dari motor," ujar Alex. 

"Saya melihat dia sangat menderita, dengan pengereman, tapi saya tidak tahu apakah itu karena ban atau rem. Kemudian saya melihatnya melambat di beberapa bagian trek, dan saya mengerti mungkin dia mencoba agar rem tidak terlalu panas." 

“Lalu tiba-tiba ketika kami tiba di tikungan pertama, saya melihat seperti beberapa bagian hitam kecil terlepas dari motornya. Saya pikir itu potongan sepatu atau semacamnya. Tapi kemudian saya melihatnya melompat dari motor, benar-benar lurus, jadi saya menyadari itu bukan rem dan ini seperti bagian kecil dari rem depan," beber Alex Marquez.

Beruntung, Vinales tidak mengalami cedera apapun dan keputusannya untuk melompat dari motor adalah pilihan yang tepat. Akibat insiden ini, balapan juga harus dihentikan sementara karena motor Vinales merusak pembatas sirkuit dan terbakar, sehingga penitia perlombaan harus mengganti pembatas sirkuit dengan yang baru. 

 

 

 


(uda)