MotoGP Jerman 2022

Pecco Rebut Posisi Pole, Ducati Dominasi 8 Besar QTT MotoGP Jerman

Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Jerman dengan jeda tipis dari Fabio Quartararo yang menempati urutan kedua. FB
Francesco Bagnaia menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Jerman dengan jeda tipis dari Fabio Quartararo yang menempati urutan kedua. FB

Autogear.id - Sesi kualifikasi MotoGP Jerman yang berlangsung pada Sabtu (18/6/2022) menjadi pembuktian bagi Francesco Bagnaia yang di seri kemarin mengalami nasib kurang beruntung. Ia merebut posisi pole dengan selisih yang sangat tipis dari Fabio Quartararo dan menjadi satu-satunya pembalap Ducati yang sanggup berada di depan sang juara dunia MotoGP 2022 untuk sesi kualifikasi hari ini.

Pastinya ini menjadi sangat tricky, mengingat konsistensi Ducati terbilang naik turun dan terkadang malah cukup signifikan menjelang akhir-akhir balapan. Apalagi disinyalir dengan kondisi trek kering dan panas seperti di sesi kualifikasi, pemilihan kompon ban yang akan digunakan para pembalap bakal jadi kunciannya.

"Tentu hasil di sesi kualfiikasi ini sangat menyenangkan. Bukan hanya karena kami bisa tampil tercepat, tapi juga bisa melihat pilihan yang lebih ril untuk penggunaan ban di sesi balap besok. Pastinya tidak akan mudah, makanya kami akan mempelajarinya lagi di sesi pemanasan dan berharap bisa tampil lebih baik," klaim Pecco. 

Melihat dominasi yang cukup besar dari para pembalap tim Ducati, tentu membuat QUartararo berharap bisa tampil seperti di seri sebelumnya yaitu di MotoGP Catalunya. Mengingat tenaga dan akselerasi yang sempurna Ducati, disinyalir bakal membantu di trek lurus utama dan juga trek lurus turunan curam yang menjadi kuncian untuk menyusul para pembalap.

Baca Juga:
Begini Cara Bikers Honda Bersenang-Senang Sambil Belajar

"Saya hanya berharap di sesi race nanti kami bisa tampil lebih konsisten seperti halnya kami tampil di MotoGP Catalunya. Pemilihan kompon ban saya rasa adalah yang terpenting karena permukaan Sachsenring Circuit ini cukup abrasifi di temperatur udara yang tinggi. Terlebih dominasi tikungan ke kiri juga patut diwaspadai," prediksi Quartararo.

Sementara pembalap yang berhasil meraih posisi start ketiga adalah Johann Zarco. Pembalap asal Prancis ini menegaskan hal yang sama seperti yang dikatakan Quartararo. Mengingat Ia merasakan degradasi yang cukup signifikan selama menjalani sesi latihan dan kualifikasi. 

Hasil kualifikasi MotoGP Jerman:
1. Francesco Bagnaia, ITA, Ducati Lenovo
2. Fabio Quartararo, FRA, Monster Yamaha
3. Johann Zarco, FRA, Pramac Ducati


(uda)