Kontes Mekanik

Mekanik Motor Asal Bumi Pasundan Jawara Asia Oceania

Mekanik Honda asal Bandung ini gondol kemenangan di kontes mekanik Honda se-Asia Oceania. AHM
Mekanik Honda asal Bandung ini gondol kemenangan di kontes mekanik Honda se-Asia Oceania. AHM

Autogear.id – Mekanik Astra Honda Motor (AHM) sukses mengantongi gelar juara di ajang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023 di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu. Dia adalah Masngudin (29th) asal Bandung, Jawa Barat, yang menyabet gelar juara kedua pada kategori motor regular. 

Masngudin menyisihkan peserta lain dari 10 negara Asia Oceania, yaitu Indonesia, Thailand, Bangladesh, Kamboja, Malaysia, Filipina, Vietnam, Taiwan, Korea Selatan dan Pakistan. Wakil dari PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer Honda wilayah Jawa Barat tersebut mampu merampungkan berbagai jenis uji teori dan praktik. 

Mengantarkannya naik podium bersama juara pertama, Kunaporn Korsinprasert asal Thailand, dan peringkat ketiga, Wanchai Srinothai juga dari Thailand. “Pertama kali ikut kompetisi ini, langsung main di kelas motor reguler. Cukup grogi melihat peserta dari negara lain. Berkat latihan intensif dan dukungan tim, akhirnya dapat podium. Kemenangan ini untuk Indonesia, khususnya konsumen Honda atas kepercayaan dan dukungannya,” beber Masngudin.
 
Lewat capaian ini, Masngudin berpeluang mewakili Asia & Ocenia di ajang kompetisi tingkat global, yaitu Honda Global Technician Contest 2023, Jepang, Oktober 2023 mendatang. General Manager Technical Service Division AHM V.H Kunsala Krishna mengatakan, sebuah kebanggaan, mekanik binaan AHM mampu menorehkan prestasi di kancah internasional. 

Baca Juga:
Event Wingday dan Anniversary ke-33 HDCI Bandung Sebar Emas 24 Karat

“Melalui kompetisi ini, ilmu dan pengalaman peserta akan menjadi bekal dalam meningkatkan kepuasan pelanggan sekembalinya mereka di Tanah Air,” ujar Krishna.

Katanya lagi, prestasi yang dicapai ini diharapkan bakal menginspirasi sekitar 15 ribu mekanik di seluruh jaringan purna jual untuk mengasah keterampilan. Pada kompetisi keterampilan teknis motor Honda paling bergengsi di Asia Oceania ini, setiap peserta berlaga setelah mengalahkan teknisi terbaik di negara masing-masing.

Pengalaman dan keterampilan yang didapat pada kompetisi ini diharapkan dapat menguji keterampilan peserta, dengan standar kompetensi teknikal Honda di tingkat global. Tujuan akhirnya diharapkan dapat meningkatkan layanan purna jual bagi para pecinta motor berlogo sayap tunggal di setiap negara peserta kompetisi.
 
Peserta kontes dituntut mampu menyelesaikan ujian teori meliputi pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, dan teknologi terbaru motor Honda. Selama ujian praktik, peserta ditantang untuk menyelesaikan materi uji perawatan motor, serta analisa teknis dan trouble shooting.


(uda)