Mekanik Motor

Ogah Kompromi Soal Servis Motor, Yamaha Pecut Mekanik Lewat ITGP

Teknisi Yamaha adu skill di ajang ITGP. AG-Uda
Teknisi Yamaha adu skill di ajang ITGP. AG-Uda

Autogear.id – Berupaya memberikan pelayanan terbaik, Yamaha Motor Indonesia senantiasa mengadakan edukasi dan program pembinaan. Satu di antaranya adalah Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) yang rutin digelar.
 
Merupakan program pembinaan keahlian bagi para teknisi Yamaha Motor se-Indonesia, bagian dari Yamaha Technical Academy (YTA), untuk memotivasi teknisi agar terus berprestasi. Event ini digelar pertama kali pada tahun 2000, dan tahun ini untuk ke-17 kalinya diselenggarakan.
 
Kompetisi ini dimulai dari tingkat daerah yang disebut Kontes Teknisi Regional. Diadakan di 24 Yamaha Training Center di seluruh Indonesia. Tahun ini, lebih dari 8 (delapan) ribu teknisi ikut serta, dan 26 teknisi terbaik hadir pada ajang final di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta (12/7/2023). 

Adapun tema kegiatan tahun ini adalah “Being Trust & Commit”, bermakna mendapatkan kepercayaan konsumen melalui komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik. ”Yamaha Indonesia berkomitmen, selalu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. Teknisi sebagai garda terdepan, menjadi kunci utama dalam layanan after sales Yamaha,” ungkap President Director & CEO PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti.

Baca Juga:
Apa Beda Ban Mobil dan Ban Pesawat? Nih Jawaban Goodyear

Ucap Dyon, kontes teknisi ini merupakan bagian dari upaya mereka mempertahankan kualitas para teknisi. Untuk mencetak teknisi-teknisi handal kelas dunia, yang mampu menguasai teknologi terkini dan beradaptasi dengan kebutuhan konsumen yang terus berkembang.
 
Pada kontes kali ini, para teknisi finalis menggunakan Xmax Connected, sebagai produk terbaru. Memperlihatkan kemampuan teknisi memahami produk global tersebut. Mereka berkompetisi dalam 2 fase, yaitu fase 1 yang meliputi tes pemeriksaan dan pengukuran. Lalu fase 2 mencakup praktek (penerimaan, troubleshooting dan penyerahan). 

Mengenai praktek penerimaan, terkait komunikasi dan konseling kepada konsumen, saat mengunjungi bengkel resmi untuk melakukan perbaikan dan perawatan motornya. Kemudian troubleshooting, berhubungan dengan penanganan berbagai masalah pada motor. Sedangkan penyerahan, terkait penjelasan mengenai hasil servis motor, dan penyerahan motor kepada konsumen.
 
Dari hasil kontes itu, yang tampil sebagai Juara 1 adalah Geraldy Gautama Ali, dealer Sentral Yamaha, Bangka. Juara 2 diraih Dhebby Aghata Satrio Bahari, dealer SIP Gondanglegi, Malang. Sementara Juara 3 direbut Pegi Andiansyah, dealer Mekar Motor, Bogor.

Baca Juga:
Enam Tahun Mengaspal di Indonesia, Apa Saja yang Dilakukan Wuling?

 
Selanjutnya, Juara 1 akan diundang ke event berskala global, yaitu perayaan National Technician Grand Prix (NTGP) atau ajang Penghargaan Teknisi Terbaik Dunia. Bakal berlangsung bulan Oktober 2023, di Yamaha Motor Corporation Jepang.


(uda)