Mobil Baru

Perkenalan Agya GR Sport, Terinspirasi Semangat Gazoo Racing

All-New Toyota Agya GR Sport tawarkan performa mobil kompak buat yang ingin merasakan performa mobil balap. TAM
All-New Toyota Agya GR Sport tawarkan performa mobil kompak buat yang ingin merasakan performa mobil balap. TAM

Autogear.id – Tak mau kalah saing dengan rivalnya, Toyota tetap mengumandangkan semangat balap pada line up produknya. Walaupun sepertinya masih enggan menyebut balap menjadi DNA terkuat, dari model-model produksinya. Kali ini yang mendapat sentuhan balap adalah All New Agya GR Sport. Produk prototipe terbaru yang diperkenalkan Toyota di Indonesia. Perkenalan berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2023) siang.

Produk ini mendampingi diperkenalkannya pula model Low Cost Green Car (LCGC) Agya terbaru. Bahkan kedua model tersebut merupakan world premiere, walaupun sayangnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) belum mau menyebutkan berapa harga masing-masing. Namun yang pasti Agya GR Sport tidak termasuk dalam produk segmen LCGC.

Keputusan TAM memperkenalkan Agya GR Sport lantaran sejalan dengan kebutuhan dan tren hatchback dan city car di Indonesia akhir-akhir ini. Dimana dikatakan Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, konsumen saat ini membutuhkan sebuah kendaraan yang lebih dari sekadar kendaraan yang reliable dan durable. 

“Agya GR Sport yang sebelumnya dikenal dengan harga terjangkau dan tampilan sporty pada line up Gazoo Racing di Indonesia. Telah ditingkatkan perannya untuk tidak hanya mempertahankan gaya sporty, melainkan juga menguatkan feeling sport-nya,” kata Henry.

Baca Juga:
Masih Malu-Malu, Toyota Rilis Prototipe All-New Agya dan Agya GR Sport

Lanjut Henry, berbekal dari capaian Toyota Gazoo Racing Indonesia, yang berhasil menyapu bersih semua kelas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Slalom. Untuk meningkatkan feeling sport-nya, penyetelan khusus telah diterapkan untuk meningkatkan performa dan handling. Tujuannya membuat pengalaman berkendara harian makin menyenangkan.

“Walaupun Toyota belum memutuskan untuk menurunkan Agya GR Sport di kejuaraan balap. Juga masih mempertimbangkan untuk membuat kejuaraan one make race. Namun konsistensi Toyota pada dunia motorsport tetap ada. Salah satunya melalui kehadiran Agya GR Sport ini,” kata Henry. 
 
Memperkuat tampilan lebih sporty, Agya GR Sport diimbuhi perangkat aero kit pada eksteriornya. Tujuannya menopang peningkatan aerodinamika sporty hatchback yang lebih berbeda, dibanding generasi sebelumnya. Penyematan downforce kendaraan, diklaim membuatnya dapat lebih lincah bermanuver, dengan tetap dalam kondisi stabil tanpa khawatir kehilangan kendali. 

Daya cengkeram ban diakui juga lebih mumpuni, berkat aliran udara yang dialihkan. Sehingga tidak menekan ban belakang. Mewarisi rasa motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR), perubahan lanjutan dilakukan pada sistem suspensi dan EPS. Begitupula Exclusive shock absorber, dan coil spring dipermak lebih detail, supaya sanggup memberikan daya redam lebih optimal ketimbang model standar. 

Baca Juga:
Beda Harga Rp5 Juta, Pilih Mana Grand Filano atau Fazzio?

Setingan EPS juga mendapatkan rasio roda gigi lebih rapat, untuk membuatnya lebih atraktif dikala bermanuver. Sementara ban sport nya dipilih secara khusus, untuk mampu menambah traksi ban di jalan lurus. Sekaligus menjaga daya cengkeram di kondisi jalan berliku.


(uda)