Mobil Baru

Masih Malu-Malu, Toyota Rilis Prototipe All-New Agya dan Agya GR Sport

Toyota hari ini merilis All-New Agya dan All-New Agya GR Sport, sayangnya masih prototipe, apakah akan meluncur di IIMS atau malah GJAW? Kita tunggu saja. TAM
Toyota hari ini merilis All-New Agya dan All-New Agya GR Sport, sayangnya masih prototipe, apakah akan meluncur di IIMS atau malah GJAW? Kita tunggu saja. TAM

Autogear.id – Mobil yang masuk kategori LCGC milik Toyota yaitu Agya, hari ini Senin (13/2/2023) di Bengkel Cafe, Jakarta Pusat mendapatkan penyegaran yang cukup besar. Tak heran jika PT Toyota-Astra Motor melabeli mobil ini dengan All-New Astra Toyota Agya dan All-New Agya GR Sport. Sayangnya, mereka masih malu-malu untuk melakukan peluncuran lantaran mobil ini, masih berlabel prototipe. 

Adapun transformasi besar yang dilakukan pada Agya dengan menghadirkan dua (2) model sekaligus di dua (2) segmen berbeda. Agya melanjutkan perannya dalam mendukung mobilitas first-user terhadap mobil pertama yang dapat diandalkan, sementara Agya GR Sport ditujukan bagi mereka yang berjiwa sporty dengan performa seperti sebuah sports car. 

Mengusung konsep “Exciting City Car” dan dibekali dengan teknologi terkini Toyota, generasi ke-2 Agya siap menunjang kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam, sesuai dengan tagline 'Move with No Boundaries'. “All-New Agya merupakan manifestasi komitmen Toyota dalam menjalankan visi continuous improvement terhadap produk yang dipasarkan di Indonesia. Termasuk untuk para sporty seeker dan motorsport enthusiast dengan memberikan performa dan handling yang superior pada versi GR Sport," kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Selain menjawab kebutuhan pelanggan, kehadiran perdana Agya menjadi bagian dari partisipasi aktif Toyota dalam mendukung inisiatif positif pemerintah untuk memberikan pilihan mobilitas baru. Dengan memproduksi mobil yang secara khusus dikembangkan berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia, sehingga dapat diakses oleh lebih banyak orang, sekaligus mendorong tumbuhnya industri otomotif nasional.

Baca Juga:
Mobil Listrik Spectre Dibesut Nyaris Tempuh 2 Juta Kilometer!

 
Seiring waktu, Agya berhasil memikat hati pelanggan bermodalkan tiga (3) DNA utama yaitu kualitas yang dapat diandalkan, konsumsi bahan bakar yang hemat, serta harga yang terjangkau. Hingga kini, Agya telah menjawab kebutuhan mobilitas lebih dari 320.000 pelanggan.
 
“Seiring dengan evolusi trend dan lifestyle, kami melihat ada perkembangan kebutuhan masyarakat yang tidak hanya mencari mobil berdasarkan harga jual yang terjangkau. Banyak calon pelangan yang mendambakan mobil dengan kualitas dasar yang lebih baik, fitur yang advanced, tampilan yang sporty dan performa yang mumpuni. Untuk menjawab kebutuhan ini, di generasi ke-2 Agya kami tidak hanya hadirkan 1 namun 2 model sekaligus," imbuh Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Ia melanjutkan bahwa buat yang mencari mobil pertama yang exciting dan memberikan peace of mind, kami siapkan All-New Agya. Dan bagi para sporty seekers, kami siapkan All-New Agya GR Sport, yang kami bekali juga dengan special tuning di beberapa bagian untuk menghadirkan performa dan handling yang superior. Kami harap kedua model ini dapat memenuhi kebutuhan di masing-masing segmen, sejalan dengan komitmen kami untuk menghadirkan Mobility for All,” 
 
Transformasi menyeluruh All-New Agya
Kebutuhan pelanggan terhadap sebuah hatchback telah berkembang secara eksponensial. Melampaui fungsi dasar sebuah mobil, hatchback harus memiliki biaya operasional yang bagus, value for money yang tinggi dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan pemiliknya. Selain itu, harus dapat menarik perhatian, menawarkan kenyamanan yang baik dan dilengkapi fitur untuk memenuhi kebutuhan mobilitas harian.

Baca Juga:
Bearing Iglidur H5, Tak Perlu Sering-Sering Oles Pelumas?

 
Berdasarkan pendekatan tersebut, Toyota mengembangkan mobil dengan kualitas dasar dan untuk itu, kami meningkatkan quality, durability dan reliability pada Agya. Lebih lanjut, Toyota juga menghadirkan styling eksterior yang agresif, high performance, dan peningkatan driving quality untuk membuat Agya menarik secara emosional. Dengan begitu, generasi terbaru Agya dapat menetapkan standar baru sebagai mobil pertama pilihan pelanggan dan menjadi sebuah exciting city car.
 
Untuk meningkatkan essensial quality, desainer dan engineer Toyota berkolaborasi untuk mengujinya di kondisi tertentu, di mana jalanannya tidak rata, dan harus dapat diandalkan ketika menghadapi banjir. Tujuannya untuk memperoleh peningkatan pada beberapa aspek fundamental, sehingga dapat menghadirkan kendaraan yang tangguh dan andal, sekaligus menjanjikan rasa percaya diri tinggi.
 
All-New Agya mendapatkan improvement menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin, dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik. Agya dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm. Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien.
 
Mesin 3-silinder memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama. Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.

Baca Juga:
Biar Efisien, Armada Angkutan Logistik Dapat Sentuhan Digitalisasi

 
Mempertegas konsep “Exciting City Car”, platform monocoque dikembangkan bersama suspension system yang sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis. Handling Agya juga jadi lebih lincah, stabil, dan peluang body roll yang lebih kecil, sehingga meningkatkan driving quality. 

Improvement pada platform sanggup meningkatkan kekakuan lateral sehingga bodi belakang lebih stabil, sementara ubahan pada torsion beam yang lebih kaku membuat mobil lebih mudah dikendalikan. Electronic Power Steering (EPS) turut ditingkatkan kinerjanya sehingga lebih responsive dengan radius putar lebih kecil sebagai salah satu syarat utama city car modern.
 
Untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pengemudi, All-New Agya menawarkan styling eksterior yang “powerful and aggressive”, memperkuat sporty image. Toyota juga menampilkan desain styling yang unik, dengan perubahan pada tampak depan, yang membuatnya terlihat lebih sporty. Di saat yang sama, siluet bodi dari samping menunjukkan postur tubuh yang gagah dan tampak lebih besar. Kesan agresif juga ditampilkan oleh garis desain yang tampak tajam dan berkarakter.

Lantaran masih prototipe, Toyota pun belum merilis harga yang diperuntukkan di pasar otomotif Indonesia. Apakah mobil ini nantinya akan meluncur di IIMS 2023 atau GAIKINDO JAW? Kita lihat saja nanti.


(uda)