Balap Motor

Edukasi Stop Balap Liar Terus Berlanjut di Street Race Seri-4

Street race seri keempat yang digelar Polda Metro Jaya di Kemayoran, tetap jadi ajang edukasi untuk menempatkan balapan pada tempatnya. PMJ
Street race seri keempat yang digelar Polda Metro Jaya di Kemayoran, tetap jadi ajang edukasi untuk menempatkan balapan pada tempatnya. PMJ

Autogear.id – Gelaran Street Race Seri-4 yang kali ini berlangsung di Jl. Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, sukses terselenggara. Street Race yang melibatkan ribuan starter drag race dan pengunjung ini secara resmi dibuka oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Fadil Imran, Sabtu (3/8/2022).

Sebelum diselenggarakannya balapan ini, Polda Metro Jaya bersama komunitas pecinta balap jalanan juga sempat berikrar. Sama-sama sepakat, kemudian melakukan deklarasi untuk ‘stop balap liar!’. Kapolda Metro Jaya mengungkapkan, lokasi di Jl. Benyamin Sueb ini terhitung pula sebagai kawasan nan legendaris bagi para pecinta kecepatan.

Mengingat sejak jaman baheula, alias jaman dahulu, Jl. Benyamin Sueb ini sangat dikenal masyarakat sebagai salah satu lokasi trek-trekan atau balapan liar ternama di Jakarta.

"Konon Jl. Benyamin Sueb ini adalah lokasi yang sakral untuk street race. Sehingga Street Race Polda Metro Jaya di Kemayoran ini adalah pertama dan terbesar dalam sejarah drag race legal 500 meter di DKI Jakarta. Dapat terlaksana di jalan umum, dengan kemeriahan yang luar biasa, mampu menyatukan semua kalangan dan penggemar balap," urainya.

Baca Juga:
Hyundai Stargazer, Performanya Gokil di Kategori Mobil Keluarga

Bahkan lanjut orang nomor satu di Polda Metro Jaya ini, bukan hanya balapan yang digelar pada Street Race Seri-4 ini. Melainkan juga ada pertandingan olahraga tinju, yang mengundang antusiasme peserta cukup tinggi.

"Tak lupa di sini juga ada pertandingan olahraga tinju. Kita lagi uji coba, apakah ekosistem ini juga bisa menjadi ajang sportainment. Jadi kita kombinasi antara drag race dan boxing. Besar harapan bisa menjadi sportainment yang mengarah kepada kegiatan positif dan bermanfaat," jelasnya.

Menurut data yang ada, total ada 1050 starter yang menjadi peserta Street Race Polda Metro Jaya. Dan menurut Irjen Fadil, hal itu sangatlah luar biasa. Semoga ini bisa menyiarkan kepada komunitas dan koleganya, agar mulai detik ini stop trek-trekan balap liar dan memblokir jalan umum. “Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif, pasti kita akan fasilitasi," lanjutnya.

Dalam balutan semangat yang tinggi, Kapolda mengungkapkan ikhtiarnya beserta semua pihak terkait. Bahwasanya upaya dalam membangun ekosistem sportainment ini belumlah selesai. “Rencana ke depan, kita akan menggandeng para relawan di bidangnya masing-masing. Agar kegiatan positif dan bermanfaat ini bisa terus berkelanjutan,” pungkasnya.


(uda)