Motor Baru

Honda Gold Wing 1800, Masih Tetap Premium Tourer

Penjualan Honda Gold Wing 1800 memang tak selaris motor matic berkapasitas cc kecil, namun permintaannya tetap ada dan ini menjadi tetap prioritas Honda. AHM
Penjualan Honda Gold Wing 1800 memang tak selaris motor matic berkapasitas cc kecil, namun permintaannya tetap ada dan ini menjadi tetap prioritas Honda. AHM

Autogear.id – Honda Gold Wing 1800, sebagai motor touring premium mendapat penyegaran warna. Sekaligus tetap dibekali banyak teknologi canggih sebagai daya tarik utama. PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan versi terbaru Honda Gold Wing 1800 tersebut, yang mempertahankan konsep “The Honda Premium Tourer”. 

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan, Honda Gold Wing sudah menemani pecinta big bike premium Honda, terutama para penyuka touring di berbagai belahan dunia selama 48 tahun. “Sentuhan baru dengan kesan elegan dan premium diharapkan menarik perhatian dan semakin menciptakan kebanggaan berkendara,” kata Thomas dalam keterangannya.

Kesan baru premium-elegan diperoleh pada area tampilan depan, lewat perubahan kombinasi warna bodi dan cover lampu berkesan dual-tone. Kesan serupa juga dapat ditemui pada cover lampu utama, yang menghadirkan ornamen elegan warna hitam. Boks penyimpanan kanan-kiri motor ini dibalut dengan kekuatan warna merah yang senada dengan keseluruhan warna bodi.

Honda Gold Wing 1800 didesain dengan mempertahankan aerodinamika dan handling mumpuni. Penggunaan kualitas material jok premium menambah kesan mewah. Big bike premium Honda Gold Wing 1800 dapat terkoneksi ke Apple CarPlay juga Android Auto. Dua slot USB di dashboard pastikan pengguna tak khawatir kehabisan daya gawai saat touring. Kian menyenangkan ditemani fitur speaker berkualitas suara yang baik.

Baca Juga:
Siap Dirakit Massal di Indonesia, Apakah Harga Omoda 5 Bakal Lebih Murah?

 
Dapur pacunya hadir dengan mesin tangguh 1.833cc berpendingin cairan 6-silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan. Memiliki layout umum yang sama, mesin ini mampu menghasilkan maksimum power 93 kW pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4.500 rpm. Model ini memiliki transmisi dengan 7 kecepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi forward/reverse Walking Mode.
 
Rangkanya dirancang untuk mendapatkan manuver optimal pada kecepatan rendah dan tetap menjaga stabilitas saat melaju dengan kecepatan tinggi. Menggunakan rangka tipe diamond twin tube, kombinasi lengan ayun bahan aluminium. Hasilkan bobot ringan dengan titik rendah gravitasi, dan pemusatan massa yang dapat berkontribusi signifikan terhadap kelincahan.
 
Sistem suspensi depan gunakan double-wishbone dan peredam shockbreaker Showa depan dan belakang. Jaga kenyamanan, digunakan konfigurasi suspensi belakang Pro-Link® reaksi progresif. Redaman suspensi serta preload diatur secara elektronik. Suspensi belakang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengendara baik saat sendiri, berboncengan, ataupun berboncengan dengan membawa barang. 

Pada model terbaru ini juga dilengkapi dengan lampu kabut yang terletak di sisi depan mesin, menambah kesan mewah. Sistem pengereman gunakan kaliper depan serta rotor besar 320mm. Model ini juga pakai sistem pengereman C-ABS diatur elektronik. Berfungsi mendistribusi gaya pengereman ke roda depan dan belakang.

Baca Juga:
Mercedes-Benz Actros dan Arocs Disuntik Teknologi Euro 5

 
Gold Wing 1800 terbaru ini telah dilengkapi Honda Smart Key System yang menunjang kenyamanan dan keamanan. Semua pencahayaan gunakan LED pendukung performa touring, lewat rangkaian lampu depan berbentuk “wing lines”. Lampu seinnya juga dilengkapi fitur auto-cancel.

Bagasi dan Kenyamanan 
Kapasitas top box nya mencapai 61 liter. Tampung dua helm full face atau membawa barang lebih banyak. Sistem bagasi elektriknya juga user-friendly. Pada setiap sisi, ada tambahan bagasi kapasitas total 60 liter. Keseluruhan boks gunakan tutup peredam kualitas tinggi. Memungkinkan proses buka tutup bagasi kian smooth. 

Sistem Honda Smart Key juga dibutuhkan untuk membuka kunci bagasi, sehingga pengguna dapat mengakses bagasi lebih mudah. Joknya terpisah antara pengendara dan pembonceng. Sehingga pengguna dapat menikmati momen berkendara, sementara boncenger bisa menikmati sensasinya sendiri. Diperkuat sistem monitoring tekanan angin pada ban, membantu kenyamanan touring. Motor ini juga punya fitur throttle-by-wire dengan 4 mode berkendara (Tour, Sport, Econ, dan Rain).

Terdapat pula Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel buat kenyamanan pengendaranya. Memilih mode berkendara yang sesuai kondisi perjalanan dapat dilakukan melalui tombol pada layar display berwarna 7-inci. Kecerahan layar dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya, atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan. 

Baca Juga:
Apa Hebatnya Acoustic Glass di Chery Omoda 5?

Juga dilengkapi windscreen yang dapat diatur secara elektrik, lewat tombol pada sisi kiri handle bar untuk melindungi dari angin saat melaju kencang. Gold Wing 1800 dengan pilihan kelir Candy Ardent Red ini kantongi harga on the road (OTR) Jakarta Rp 1.052.487.000. Dipasarkan eksklusif di 11 showroom Big Wing Honda di 9 kota besar Indonesia. 


(uda)