Aksesoris Otomotif

Karaoke Pakai Head Unit Mobil, Bikin Berkendara Makin Asik!

Head unit mobil memiliki banyak fitur di dalamnya, selain untuk mendengarkan musik juga bisa buat karaoke - SIS
Head unit mobil memiliki banyak fitur di dalamnya, selain untuk mendengarkan musik juga bisa buat karaoke - SIS

Autogear.id – Head unit menjadi perangkat hiburan utama di dalam mobil, berguna untuk menjadi teman selama perjalanan lewat lagu-lagu yang diperdengarkan. Bahkan ikut menyanyi bersama di dalam mobil (carpool karaoke).

“Seperti halnya fitur di dalam head unit Suzuki Baleno, dapat dioptimalkan oleh penggunanya. Memungkinkan pengguna Baleno menikmati lagu kesukaan dan merasakan kontrol penuh atas pemutaran musik, penunjuk jalan, dan fungsi lainnya dalam satu layar,” 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Harold Donnel.

Kata Harold, pabrikan Suzuki selalu memikirkan kenyamanan pengguna salah satunya lewat inovasi head unit dan fitur audio agar pengalaman berkendara nyaman dan tidak membosankan selama perjalanan.

Agar dapat memaksimalkan fitur bawaan pada head unit dan sistem audio, Suzuki memberi tips cara mengoperasikan elemen kontrol dan fitur lain agar pengalaman carpool karaoke kian menyenangkan dan berkesan.

Baca Juga:
Rayakan Tahun Perak, Shop & Drive Kantongi Lebih dari 3 Juta Pelanggan

1. Gunakan Fitur Koneksi Smartphone Permudah Akses Hiburan

Mayoritas mobil sudah dibekali head unit modern, mampu terkoneksi dengan ponsel pintar, seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Sangat memudahkan pengguna dalam perjalanan.

Karena akses untuk hiburan, mengatur navigasi arah, dan sebagainya bisa terintegrasi dalam satu layar utama head unit dengan tampilan orisinil. Memudahkan interaksi dengan aplikasi yang dibutuhkan.

Berbagai aktivitas yang biasa dilakukan di ponsel pintar juga bisa lewat head unit seperti menerima panggilan, membaca, mengirim dan membalas pesan. “Pada Suzuki Baleno bisa mengakses layar navigasi, dan menyetel musik lewat platform pemutar musik favorit dengan tampilan orisinil seperti pada ponsel pintar,” ungkap Harold.

Malah kata Harold, pengguna juga bisa menampilkan lirik lagu pada head unit bila dibutuhkan untuk menyanyi bersama dalam mobil.

Baca Juga:
Pasar Pelumas Indonesia Menggiurkan, Oli Cepsa Pasang Target

2. Kontrol Volume dan Pilih Musik Lewat Setir

Nikmati musik di dalam mobil kini jauh lebih menyenangkan berkat tuas kontrol pada kemudi. Biasanya tuas kontrol untuk hiburan dapat ditemukan pada sisi kiri setir.

Pengguna kendaraan bisa menaikkan atau menurunkan volume suara, memindahkan pilihan musik maju atau mundur, dan berpindah frekuensi siaran dalam jangkauan sembari tetap fokus pada kondisi mengemudi.

Bisa juga memanfaatkan fitur voice command atau perintah suara, untuk mengakses daftar putar atau mencari musik favorit namun tetap nyaman dan aman saat menyetir.

3. Manfaatkan Pengaturan Equalizer untuk Optimalkan Carpool Karaoke

Menurut Harold, Baleno dan Grand Vitara telah dilengkapi sistem audio yang terpasang di dashboard dan pintu mobil, untuk memastikan kualitas suara seimbang di seluruh bagian mobil.

Baca Juga:
Drag Race HOGERS Indonesia Pecah Rekor, Kantongi Lebih Dari 650 

Buat mereka pecinta musik, tentu akan selalu mencari pengalaman mendengarkan lagu yang menyenangkan lewat pengaturan ulang frekuensi suara pada equalizer mobil.

Setiap sistem audio kendaraan memiliki setelan dasar yang berbeda-beda, sehingga pengguna dianjurkan untuk menyesuaikan ulang frekuensi audio seturut preferensi masing-masing.

Pada fitur equalizer biasanya sudah disajikan preset untuk jenis musik berbeda. Atau dapat menyetel ulang kekuatan bass, treble, fade, dan balance sesuai tipe musik yang akan didengar.


(uda)