Motor Baru

Honda ST125 Dax, Masa Lalu yang Tampil Kekinian

Honda Dax kini tampil lebih kekinian, meski masih tetap mengusung DNA yang sama ketika awal kemunculannya. AHM
Honda Dax kini tampil lebih kekinian, meski masih tetap mengusung DNA yang sama ketika awal kemunculannya. AHM

Autogear.id - PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan Honda ST125 Dax yang sudah mendapatkan sentuhan modern pada teknologi terkini. Motor yang diluncurkan secara global sejak 1969 ini memiliki karakter ikonik, unik dan simpel.

Melalui konsep produk iconic leisure bike, Honda ST125 Dax mengusung tampilan khas dari generasi pertama yang menggunakan rangka T-shape. Berbekal mesin 4-percepatan SOHC 125cc menjadikan motor ini nyaman untuk dikendarai santai di perkotaan, sambil mengisi waktu luang.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan, Honda ST125 Dax dihadirkan dengan tetap mempertahankan tampilan generasi pertama. Kehadirannya selain didukung mesin yang kuat dan lincah, serta fitur dan teknologi kekinian.

“Kami menghadirkan Honda ST125 Dax yang ikonik dan memberikan sensasi nostalgia. Model ini memiliki daya pikat tersendiri, sebagai bagian dari gaya hidup dan hobi bagi pecinta motor di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga:
Masuk Lini Produksi, Mobil Listrik Wuling Air EV Inden Lebih 1000 Unit

Dia pun menambahkan, secara spesial AHM hadirkan produk ini secara perdana pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Yasuda mengajak konsumen untuk hadir di GIIAS, melihat serta menjawab rasa penasaran terhadap produk ikonik ini.

Sementara Executive Vice President Director AHM Johannes Loman menyampaikan, semakin berkembangnya pecinta roda dua yang menjadikan berkendara sebagai bagian dari gaya hidup. Honda ST125 Dax akan melengkapi kebanggaan dalam mengekspresikan penampilan pengendara yang berani tampil unik dan berbeda.

“Gaya hidup pengendara motor saat ini kian beragam. Kami ingin dapat terus melakukan inovasi dalam menghadirkan beragam motor di berbagai segmen. Hadirnya ST125 Dax tentu menjadi pilihan bagi mereka yang ingin motor berdesain tak lekang oleh waktu, sebagai bagian cara mengekspresikan diri,” tukasnya.

Dikatakan, nostalgia desain dari Honda ST125 Dax hadir melalui rangka T-shape. Rangka yang ikonik ini juga menjadi tempat penampungan bahan bakar, yang membuat motor ini terlihat simpel. Tampilan retronya didukung stang krom yang diposisikan tinggi untuk kenyamanan berkendara, serta knalpot berbentuk ikonik dengan pelindung warna krom. Pada bagian tengah rangka, tersemat aksen garis berwarna hitam dengan tulisan Dax yang khas.

Baca Juga:
Segini Harga Cleveland Cyclewerks 250, Masih Off the Road Lho!

Kemudian disamping tulisan tersebut terdapat logo wing Honda klasik, yang menjadi warisan identitas spesial dari motor Honda. Sementara itu logo ST125 hadir dengan sentuhan kartun dari anjing Dachsund yang membuat motor ini bertambah unik.

Berbekal mesin 4 percepatan SOHC 125cc dengan pendingin udara berdiameter dan panjang langkah 50 x 63,1 mm, serta perbandingan kompresi 10:1. Ditunjang teknologi PGM-FI, Honda ST125 Dax hasilkan tenaga maksimal 6,6 kW @7000 rpm dan torsi maksimal 10.4Nm @5.000 rpm, dioperasikan dengan centrifugal clutch.

Pada sisi pencahayaan, varian ini punya desain lampu depan, belakang dan sein LED bulat ikonik. Digital panelmeter dengan negatif display memberi kesan sederhana namun tetap informatif.

Jok berketinggian 778mm dari permukaan tanah dan ruang lebih panjang, cukup mengakomodir untuk berboncengan. Disematkannya besi pegangan belakang menambah kenyamanan dan keamanan berkendara berdua.

Baca Juga:
Big Max Indonesia Bakal Touring Jelajah Celebes Sejauh 2166 Km

Suspensi depan inverted telescopic dan suspensi belakang terpasang pada bagian belakang frame. Pada bagian pengereman, tersemat rem cakram depan berdiamater 220 mm dan rem cakram belakang berdiamater 190mm. Model ini memiliki jarak sumbu roda 1198 mm dengan bobot motor 107 Kg. 

Menggunakan ABS satu channel pada system pengereman dengan Inertial Measurement Unit (IMU) untuk mencegah ban belakang terangkat saat berhenti mendadak. Ban diameter 12 inci ukuran 120/70 depan dan 130/70 belakang, memberi kesan tangguh dan gaya. Sekaligus hadirkan traksi mumpuni di jalan. 

Memiliki dua varian warna, Pearl Nebula Red dan Pearl Cadet Gray, Honda ST125 Dax dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp81,75 juta.
 


(uda)