Kendaraan Listrik

Mobil Listrik Spectre Dibesut Nyaris Tempuh 2 Juta Kilometer!

Spectre, super coupe all-electric Rolls-Royce kini telah menempuh jarak nyaris 2 juta km saat menyelesaikan fase ketiga dari program pengujian. RR
Spectre, super coupe all-electric Rolls-Royce kini telah menempuh jarak nyaris 2 juta km saat menyelesaikan fase ketiga dari program pengujian. RR

Autogear.id - Spectre, super coupe all-electric Rolls-Royce kini telah menempuh jarak nyaris 2 juta km saat menyelesaikan fase ketiga dari program pengujian. Ini telah melampaui setiap program pengujian Rolls-Royce sebelumnya, kendati masih jauh dari selesai. Spectre saat ini sedang menjalani tes cuaca panas ekstrem di dua lokasi di Afrika Selatan. Tepatnya di Augrabies, Northern Cape dan Franschhoek, “French Corner” di lahan anggur Western Cape.

Iklim yang stabil namun kontras, menyajikan beberapa cuaca musim panas terbaik untuk mengemudi di dunia. Perpaduan kondisi kering serta sangat panas di utara, dan kondisi yang lebih lembab, gaya Mediterania di bagian selatan. Pada suhu terpanasnya, dapat melebihi 50°C. Sedangkan wilayah selatan memiliki berbagai macam permukaan dan medan, termasuk jalan pedesaan yang berkelok-kelok penuh dengan kerikil, debu, dan kotoran.

Selama tahap ini, para insinyur mengamati dan menyempurnakan setiap sistem. Mulai dari item perangkat keras, dan protokol perangkat lunak yang telah dikembangkan selama hampir 2 juta km pengujian berkelanjutan. Hanya melalui penilaian yang telaten seperti itu, diakui para ahli teknis Rolls-Royce dapat mencapai tingkat penyempurnaan berkendara yang sangat penting bagi pengalaman yang disukai pelanggan.

1500 Jam Penyempurnaan Lini Pengereman
Sepanjang pengujian Spectre, masing-masing dari 25.000 fungsi terpisah terkait kinerja mobil telah dirancang begitu detail, untuk menghadirkan basis pengalaman Rolls-Royce. Lebih dari 1500 jam didedikasikan untuk menyempurnakan pengereman regeneratif mobil. Peralatan pencatatan data memproses input sensor yang dihasilkan gaya pengereman ini. 

Baca Juga:
DFSK Bakal Boyong Dua Model EV Terbaru ke IIMS, Bikin Penasaran?

Memastikan bahwa penyesuaian tidak mengganggu ketenangan Spectre secara keseluruhan, dalam kondisi berkendara apa pun. Demikian pula, stabilisasi anti-roll sedang diseting. Di Afrika Selatan, pengujian ini memiliki signifikansi khusus karena suhu tinggi dapat mengubah kekerasan komponen suspensi karet, memberikan parameter yang sesuai dengan hasil pengujian cuaca dingin ekstrem.

Saat mobil mendekati fase akhir dari program pengujian lengkapnya, penyesuaian lebih lanjut akan dilakukan pada bahan penyegel untuk menghadirkan performa aero-akustik Rolls-Royce yang terkenal. Proses ini sangat penting, karena bahan penyegel karet memiliki kinerja yang berbeda melalui spektrum suhu.

Misalnya, selama fase pengujian Spectre di Arjeplog di Swedia, segel mengeras pada suhu di bawah nol. Sebaliknya, di Afrika Selatan, teknisi Rolls-Royce bakal menilai performa akustik segel yang dilunakkan dalam kondisi lebih panas. Oleh karena itu, pekerjaan teknisi adalah menemukan keseimbangan optimal, memastikan kabin terlindung dari semua iklim ekstrem.

Di Afrika Selatan dan sepanjang program tersisa, sistem audio juga akan disetel dan disempurnakan. Untuk mencapai peningkatan fraksional dalam kualitas suara yang ditawarkan melalui 17 speaker Spectre. Setelah pengujian awal dan kalibrasi di laboratorium, sistem ini sekarang sedang diuji menyeluruh dalam kondisi dunia nyata. Daftar putar yang dikuratori secara khusus, menyajikan berbagai genre.

Baca Juga:
Biar Efisien, Armada Angkutan Logistik Dapat Sentuhan Digitalisasi

Pengujian Spectre terakhir sejauh 500.000 km akan berfokus pada analisis gaya hidup. Proses pengujian eksklusif ini akan melihat Spectre diuji dalam situasi super mewah, dan kasus penggunaan khusus untuk klien Rolls-Royce. Dilakukan untuk memastikan Spectre bekerja sesuai kebutuhan di pusat kota besar global, di sekitar destinasi mewah baru dan bersejarah. Begitupula di pengaturan lain yang sepadan dengan kebutuhan, kebiasaan, dan gaya hidup pemilik.

Latar Belakang Pengujian Spectre
Menjelang pengiriman mobil pertama ke pelanggan, dijadwalkan pada kuartal ke-4 tahun 2023, Spectre telah menjalani uji coba lengkap. Dirancang meniru penggunaan normal selama hampir 400 tahun, dalam beberapa kondisi paling ekstrem di Bumi. Secara total mobil ini akan menempuh jarak lebih dari 2,5 juta km, atau setara 62 kali keliling dunia.

Pengujian dimulai pada musim dingin 2021 di fasilitas pengujian khusus di Arjeplog, Swedia. Merupakan daerah yang hanya 55 km dari Lingkaran Arktik. Pada suhu -40°C, teknisi Rolls-Royce memeriksa dan menyempurnakan setiap aspek performa, penanganan Spectre di salju dan es, serta efek dingin ekstrem berkepanjangan pada baterai mobil dan sistem elektronik lainnya.

Dengan ujian yang berhasil diselesaikan, Spectre kemudian menghabiskan musim panas 2022 di iklim yang lebih cerah, tetapi tidak kalah menuntut. Mulai dari Riviera Prancis, dan berkeliling di sekitar Côte d'Azur. Ini termasuk pengujian di tempat pembuktian Autodrome de Miramas yang bersejarah, bekas sirkuit Grand Prix yang sekarang menyediakan lebih dari 60 km rute tertutup, dengan 20 lingkungan jalur pengujian canggih.

Namun sebagian besar pengujian dilakukan di pedesaan Provençal. Menilai kemampuan Spectre dalam kondisi dunia nyata. Sebuah area di mana banyak mobil produksi cenderung menghabiskan hidup mereka.


(uda)