Kegiatan APM

Juarai Gemba Challenge Jadi Hadiah Tutup Tahun UD Trucks Indonesia

Gemba Challenge jadi event penutup kegiatan yang digelar oleh UD Trucks Indonesia di 2022. UDTI
Gemba Challenge jadi event penutup kegiatan yang digelar oleh UD Trucks Indonesia di 2022. UDTI

Autogear.id – Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik untuk layanan penjualan maupun purna jual dalam industri angkutan truk yang saat ini sangat terbatas, menjadi tantangan di semua pelaku industri. Gemba Challenge adalah kompetisi untuk menjawab tantangan tersebut, karena tak hanya menguji kemampuan mekanik secara individu, termasuk staf bagian suku cadang dan pelayanan pelanggan.
 
Namun juga bertujuan mempromosikan semangat, dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama. Meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat kolaborasi staf frontline, menjadi kunci meningkatkan waktu kerja. Juga mengarah pada peningkatan pelayanan pelanggan, sehingga menciptakan sistem logistik lebih cerdas.
 
UD Trucks Indonesia, sebagai sebuah perusahaan truk komersial berbasis di Jepang menyadari, segala upaya dalam menangani permasalahan komersial tak dapat dilakukan sendiri. Selain riset produk secara profesional oleh para teknisi yang mumpuni di bidangnya, kinerja mekanik tetap sebagai komponen utama dalam suksesnya purna jual di seluruh dunia.
 
Tahun ini UD Trucks Indonesia kembali mempererat koordinasi dan kolaborasi lintas sektor. Fokus terhadap upaya pembelajaran, ikut Gemba Challenge 2022 di Ageo, Jepang, bersama Astra UD Trucks dan United Tractors. Hasilnya, pada ajang final dari kontes yang digelar setiap 2 tahun sekali ini, tim purna jual UD Trucks Indonesia dinobatkan sebagai juara pertama dan kedua.

Baca Juga:
Touring Woro-Woro Motobike Show, Sekalian Promo Wisata dan Edukasi EV

 
“Gemba Challenge tahun ini merupakan kegiatan pertama pasca pandemi. Tak terbayangkan antusiasme para peserta, dalam menyambut kompetisi purna jual terbesar dari seluruh dunia ini. Merupakan kontes ke-4 sejak 2014, lebih dari 2.000 peserta perwakilan UD Trucks dari berbagai negara ikut di dalamnya,” jelas Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia, Ali Rachman.
 
Kualifikasi Gemba Challenge tahun ini dimulai sejak Februari 2022, dengan dua putaran pertama teori, dan dilakukan secara online. Putaran final digelar langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang, yang juga sebagai kantor pusat UD Trucks.
 
Pada putaran final tersaring 6 tim, dua dari Indonesia yaitu ID Team dan Keciwis. Lalu dari Afrika Selatan, Arab Saudi, Thailand, dan Filipina. Semua berkompetisi dalam penyelesaian masalah terkait truk heavy duty Quester. Akhirnya, ID team dari United Tractors sukses kantongi juara pertama, dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations menyabet juara kedua.
 
“Kami sangat bangga, semua tim mekanik UD Trucks Indonesia meraih kemenangan. Kontes ini sebagai bukti nyata, kalau seluruh SDM di Indonesia dapat bekerja sama memberikan pelayanan terbaik sesuai standar global. Kemenangan ini jadi kado tutup tahun yang manis bagi UD Trucks Indonesia,” ujar Vice Presiden Director UD AMI, Rachmat Samulo.


(uda)