Motor Kustom

Jawab Tantangan Menteri BUMN Eric Thohir, Awal Ide Chopper Electric Condrodimuko

Motor lucky draw yang berbasis Chopper Electric ini merupakan jawaban dari tantangan Menteri BUMN Erick Thohir kepada Retro Classic Cycles. AG-Uda
Motor lucky draw yang berbasis Chopper Electric ini merupakan jawaban dari tantangan Menteri BUMN Erick Thohir kepada Retro Classic Cycles. AG-Uda

Autogear.id - Lahirnya konsep-konsep baru dalam dunia custom bike, bukan sesuatu yang baru. Lantaran dalam pembuatan sebuah konsep, selalu didasari dari kelangkaan konsep atau malah lahir dengan sebuah hal yang baru. Hal ini juga yang menjadi dasar lahirnya motor berjenis Chopper listrik garapan Retro Classic Cycles (RCC) dari Yogyakarta yang satu ini. 

Menurut empunya RCC, Lulut Wahyudi yang juga sebagai Direktur Kustomfest, bahwa setiap tahun mereka memikirkan konsep yang berbeda dan punya korelasi dengan kekinian. Ia juga mendapat tantangan dari Menteri BUMN, Erick Thohir yang menginginkan adanya konversi penggerak pada kendaraan-kendaraan yang dikustom.

"Jadi awalnya ngobrol dengan mas Menteri BUMN, Erick Thohiir dan beliau menantang saya soal konversi penggerak kendaraan kustom yang nantinya akan kami buat. Dan akhirnya untuk lucky draw tahun ini kami memutuskan untuk membuat chopper berbasis penggerak motor listrik yang kami namakan dengan Condrodimuko ini," ujar Lulut di sela sesi konferensi pers pada Jumat (30/9/2022).

Ia juga menegaskan bahwa Condrodimuko ini proses ide dan pembuatannya hanya berlangsung selama 1,5 bulan saja. Ini merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles selama untuk membuat sebuah karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik sekaligus menjadi trigger buat yang lain dalam membangun motor kustom listrik. "Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami juga banyak belajar soal teori dari para akademisi serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini."

Baca Juga:
Chopper Electric jadi Lucky Draw Kustomfest 2022, Ini Tantangannya!

Lulut melanjutkan bahwa selama ini mereka main dengan mesin combustion atau bahan bakar fossil dari mulai jenis V-twin, Boxer hingga mesin pesawat. "Kalau soal frame, suspensi springer, penggerak itu makanan kita sehari-hari di RCC untuk development. Setelah adanya motor ini, bisa jadi muncul versi-versi lainnya dengan berbagai temuan inovasi dari kita nanti.” 

Chopper Electric Bike ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual yang bisa menempuh jarak sejauh 200 Km dengan tiga mode riding. Soal gaya chopper, Lulut menambahkan bahwa style ini menjadi representasi gaya dari kreasi Retro Classic Cycles selama 20 tahun berkarya. “Ini karya pertama motor kustom kita dengan penggerak listrik, kita maunya ada taste berupa chopper Frisco di motor ini sesuai dengan ciri khas bengkel RCC.”


(uda)