Program Vokasi APM

662 Guru SMK Diajak Belajar Motor Listrik

662 Guru SMK mulai mempelajari teknologi kendaraan listrik, kali ini motor listrik menjadi biang edukasinya. AHM
662 Guru SMK mulai mempelajari teknologi kendaraan listrik, kali ini motor listrik menjadi biang edukasinya. AHM

Autogear.id – Honda Motor tampaknya makin serius menyikapi pertumbuhan motor listrik di Indonesia. Walaupun tak mungkin dipungkiri, jutaan pengguna motor konvensional berbahan bakar minyak masih bertebaran di jalan raya Bumi Pertiwi.

Keseriusan tersebut terlihat dari dikumpulkannya ratusan tenaga pengajar SMK dari seluruh Indonesia yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda, untuk diberikan pengetahuan motor listrik oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

AHM sendiri mengakui, apa yang mereka lakukan tak lain demi memperkuat literasi pengetahuan motor listrik di kalangan tenaga pengajar SMK. Gambaran lebih jauh, program pengayaan edukasi ini sebagai salah satu upaya AHM mentransfer pengetahuan dan teknologi terkini. Memastikan berjalannya sistem pendidikan link and match antara Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) di Indonesia.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, program pengayaan literasi terkait motor listrik ini menjadi sebuah dorongan bagi para tenaga pengajar untuk dapat mengetahui perkembangan terbaru industri roda dua. 

Baca Juga:
Kolaborasi Lifestyle, Bikin Pasar Otomotif Menggeliat Awal Tahun

Sehingga pengetahuan yang didapatkan para guru diharapkan dapat diajarkan kepada para pelajar. Agar para lulusan SMK dapat mengikuti perkembangan dunia usaha dan dunia industri di Indonesia.
 
“Perkembangan teknologi semakin pesat, termasuk motor listrik. Pemerintah juga sudah memberi insentif untuk mendorong tumbuhnya pasar motor listrik. Di dunia pendidikan vokasi, kami ingin membangun kompetensi pendukungnya lewat sharing knowledge terkait teknologi dan perkembangan motor listrik,” kata Muhib.

Melalui pengayaan pengetahuan dan kompetensi guru ini, lanjut Muhib, AHM yakin ke depannya SMK-SMK akan menghasilkan lulusan yang kompetitif dan mampu tumbuh bersama kemajuan teknologi di industri. Sekitar 662 tenaga pengajar SMK, Selasa (21/03/2023) diajak AHM mengikuti webinar Astra Honda Talknology. 

Mengusung tema Asik-Asik Belajar Motor Listrik, para tenaga pendidik siswa SMK itu mendapat pengetahuan secara umum. Terkait perkembangan teknologi motor listrik di Indonesia, maupun dunia. Disampaikan langsung oleh tim Technical Service AHM, yang memberikan beragam materi menarik seputar perbedaan sistem kerja motor listrik, dengan motor berbahan bakar minyak. Serta perihal keamanan dan perawatan motor listrik. 

Baca Juga:
Siap Mudik Menggunakan Motor? Bawa Barang Banyak Wajib Aman!

Regulasi terkini yang terkait motor listrik juga menjadi salah satu materi menarik yang disampaikan narasumber dan menjadi bahan diskusi di forum tersebut. Peserta pun diberi kesempatan mengeksplorasi rasa penasaran mereka pada motor listrik, dalam sesi tanya jawab bersama instruktur. Sebagai informasi, selain menyampaikan roadmap dan rencana strategisnya terkait motor listrik. Tahun ini AHM juga akan merilis motor listrik untuk dipasarkan di dalam negeri.


(uda)