Serba-serbi MotoGP

Jadwal MotoGP 2020 Berantakan, Suzuki Paling Dirugikan?

Dilihat dari hasil tes resmi pra musim, Suzuki Ecstar paling siap memulai musim MotoGP 2020. SMC
Dilihat dari hasil tes resmi pra musim, Suzuki Ecstar paling siap memulai musim MotoGP 2020. SMC

Autogear.id: Suzuki menjadi tim pabrikan yang mengaku paling siap memulai musim MotoGP 2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Manajer Tim Davide Brivio yang mengatakan bahwa kuda besi mereka sudah sempurna bahkan sejak seri Qatar tanggal 8 Maret 2020 lalu. 

Tentunya ini bukan isapan jempol belaka, terbukti Alex Rins dan Joan Mir memiliki kecepatan yang luar biasa saat tes resmi di Sepang dan Losail. Menunggangi GSX-RR, keduanya tak pernah terlempar dari 6 besar.  

Hanya saja pandemi Covid-19 telah mengacak-acak kalender MotoGP 2020 hingga seri Jerez tanggal 3 Mei 2020 mendatang. Menanggapi hal ini, tim Suzuki mengaku kecewa dengan mundurnya jadwal namun di sisi lain penundaan balapan merupakan langkah yang tepat. 

“Dari sudut pandang olah raga murni, sangat disayangkan, dan kami kecewa karena kami merasa memiliki potensi yang baik dan kami benar-benar tertarik untuk melihat hasil kerja kami saat memulai balapan," kata Davide Brivio dikutip dari Crash. 

"Tapi sekarang prioritasnya berbeda, dunia sedang dalam krisis dan yang pertama kita lakukan adalah menjaga diri kita sendiri dan orang-orang sekitar," lanjutnya. 

Brivio menambahkan kedua rider Suzuki Rins dan Mir pada dasarnya juga kecewa dengan penundaan karena mereka sudah mempersiapkan diri 100 persen. 

"Mereka tidak senang karena sudah benar-benar siap untuk memulai musim. Tetapi paling tidak mereka dalam kondisi yang baik, banyak berlatih dan tetap fokus, berusaha untuk tetap siap kapanpun balapan pertama dimulai," beber Brivio. 

Akibat wabah Corona, balapan kelas utama MotoGP mengalami penundaan hingga empat kali. Mulai dari seri Qatar yang batal, lalu Thailand ditunda, kemudian Austin hingga seri Argentina juga harus ditunda. Meski jadwal race pembuka MotoGP saat ini diplot di Jerez, namun belum dipastikan 100 persen alias masih ada kemungkinan untuk berubah kembali tergantung pertimbangan pemerintah Spanyol.


(uda)