4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Bila Ingin Beli Mobil di Pameran

Antusiasme penguunjung saat melihat spesifikasi mobil yang dipamerkan di GIIAS 2021 (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)
Antusiasme penguunjung saat melihat spesifikasi mobil yang dipamerkan di GIIAS 2021 (Foto: Autogear.id/Alun Segoro)

Autogear.id - Jika kita ingin membeli mobil di sebuah acara pameran mobil, umumnya kita justru akan dibuat bingung. Ya, bingung karena di sana tersedia banyak pilihan produk menarik dan menggoda.

Pada pameran mobil, selain banyak produk baru yang diluncurkan, hadirnya berbagai promo dan penawaran menarik yang hanya disajikan saat pameran berlangsung, menjadi nilai tambah tersendiri.

Seperti perhelatan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 11 - 21 November 2021. Banyak produk roda empat menarik yang dipamerkan di sana. 

Ini merupakan lokasi tepat buat mereka yang berencana punya mobil baru. Namun, harus diingat, bila ingin membeli mobil di pameran, tentunya harus kantongi persiapan matang dan keyakinan kuat.

BACA: Mengintip Spesifikasi dan Harga Mobil Listrik yang Dikemudikan Jokowi di GIIAS 2021

Asuransi Astra sebagai salah satu peserta GIIAS 2021 mencoba memberikan panduan, dalam membantu mereka yang ingin membeli mobil dalam sebuah pameran otomotif.

Berikut 4 Hal yang harus diperhatikan bila ingin membeli mobil di sebuah pameran:

1. Cari Mobil Sesuai Kebutuhan

Sebelum sambangi sebuah pameran otomotif, jika ingin membeli mobil di sana, tetapkan dulu tujuannya. Serta cari tahu dulu mobil yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan. 

Jika tujuannya demi mobilitas keluarga, muat banyak barang atau untuk menempuh medan berat, carilah Multi Purpose Vehicle (MPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV). 

Namun jika untuk digunakan sehari-hari, atau menempuh jalanan yang padat, jenis city car dianggap paling cocok, karena bentuknya yang minimalis dan irit bahan bakar.

2. Bandingkan Fitur Mobil dengan Tipe yang Sejenis

Setelah mengetahui tujuan dari membeli mobil, tentukan beberapa opsi mobil yang sesuai lalu bandingkan. 

Pelajari keunggulan produk. Seperti kemudahan mendapatkan suku cadangnya, keiritan bahan bakar, biaya servis, ketersediaan bengkel resmi, hingga jaringan purna jual. 

Hal di atas perlu dipertimbangkan, karena untuk memudahkan di saat mobil yang dibeli ada kebutuhan perbaikan atau pelaporan keluhan.

BACA JUGA: Hyundai Creta Buatan Indonesia Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

3. Cek Diskon dan Promonya

Sewaktu main ke pameran, tentu kita ingin mendapat harga atau paket penawaran terbaik. Calon pembeli kiranya dapat melakukan perbandingan.

Caranya adalah mencari tahu harga dan penawaran di pasaran, lewat showroom atau website resmi. Lalu sesuaikan dengan harga dan penawaran di pameran.

Mumpung datang ke pameran, sekalian saja tinjau promo yang ada. Misalnya diskon, cashback, hingga bonus yang ditawarkan untuk melengkapi kebutuhan mobil.

4. Pastikan Lengkapi Mobil Baru dengan Perlindungan Asuransi

Setelah mendapatkan mobil yang dibutuhkan sesuai keinginan, saatnya pemilik mobil yang baru dibeli menambahkan proteksi. 

Antara lain membeli asuransi mobil, supaya mobil yang baru dibeli bisa memperoleh jaminan perlindungan dari sejumlah risiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi.


(acf)