Tips Balapan

Terjun Balapan dengan Biaya Minim, Rifat Sungkar Punya Solusi

Rifat Sungkar berbagi tips membangun mobil balap dengan budget minim. ig/rifato
Rifat Sungkar berbagi tips membangun mobil balap dengan budget minim. ig/rifato

Autogear.id: Olahraga otomotif memang dikenal sebagai kegiatan yang membutuhkan biaya besar bahkan super besar. Hal ini membuat hanya kalangan tertentu saja yang bisa terjun ke dunia balapan. 

Namun seiring berkembangnya zaman, dan semakin beragamnya jenis balapan yang diselenggarakan, nominal ataupun biaya tersebut menjadi relatif dan bisa disesuaikan dengan kapasitas finansial si calon pembalap. Akan lebih membantu jika si pembalap memiliki keterampilan lobi agar ia bisa mendapat sponsor sehingga akan membantu menekan biaya pengeluaran atau bahkan mungkin tidak perlu mengeluarkan uang karena sudah dicover oleh sponsor. 

Hal yang patut dipahami adalah, modal terpenting untuk ikut balapan tentu saja adalah kendaraan. Membangun mobil/motor balap yang proper merupakan aspek yang membutuhkan dana besar apalagi jika mobil balap tersebut belum sempurna dan masih dalam tahap Research and Development (RnD). 

Akan tetapi, kalian tidak perlu khawatir, saat ini komunitas balap di Indonesia juga berkembang pesat dan tidak jarang dari mereka dengan senang hati berbagi knowledge soal teknis mobil hingga teknik dan skill balap. 

Hal ini pula yang menjadi motivasi pembalap nasional, Rifat Sungkar untuk berbagi pengetahuan balap agar semakin banyak pencinta dan penghobi balap yang berani terjun ke kejuaraan balap sesungguhnya. 

Lewat channel Youtube miliknya @rifato, Rifat akan menghadirkan program khusus yang diberi nama #Balappedia yang bakal dikemas dalam 10 episode. 

"Selama ini pebalap pemula dan pecinta otomotif tanah air kerap bertanya-tanya bagaimana cara jadi pembalap dan bingung harus bertanya kemana, dan hal ini pun sulit dijawab. Untuk menjawab keingintahuan tersebut, saya akan membuat beberapa konten edukasi bagi pebalap pemula dan pecinta otomotif tanah air di youtube," kata Rifat. 

Dari 10 episode tersebut nantinya akan membahas tentang aspek-aspek berbeda dalam dunia balap khususnya tips membangun mobil balap yang proper. 

"Balappedia berisi berbagai informasi yang akan membahas tentang bagaimana menjadi seorang jadi pebalap. Hal ini tentunya dimaksudkan agar para pemula tidak salah arah memilih apa jenis balapannya, mobil atau motor, berapa biaya yang diperlukan, balapannya dimana, dan lain-lain," bebernya.

Berikut ini 10 epside #Balappedia Rifat Sungkar: 

#BalapPedia episode 1 : Hal penting yang harus diketahui sebelum membangun mobil balap

#BalapPedia episode 2 : Mobil donor untuk mobil balap

#BalapPedia episode 3 : Body work

#BalapPedia episode 4 : Transmisi

#BalapPedia episode 5 : Mesin

#BalapPedia episode 6 : Suspensi

#BalapPedia episode 7 : Rem & Guard

#BalapPedia episode 8 : Ban

#BalapPedia episode 9 : Interior

#BalapPedia episode 10 : Berapa harga mobil balap yang kita buat


(uda)