Modifikasi Mobil

Begini Tampang Xpander AP4 Rifat Sungkar di Kejurnas Rally 2022

Rifat Sungkar bakal bawa Xpander AP4 ke ajang rally dengan lintasan yang lebih ganas. MXRT
Rifat Sungkar bakal bawa Xpander AP4 ke ajang rally dengan lintasan yang lebih ganas. MXRT

Autogear.id - Ambisi Rifat Sungkar untuk terus berkompetisi melalui ajang balap rally, kini bakal terwujud kembali. Melalui kompetisi Kejuaraan Nasional Rally 2022, Ia akan menggunakan Mitsubishi Xpander AP4 bersama Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT). Ia juga menegaskan bakal ikut di seru pembuka Rally Danau Toba pada 5-7 Agustus 2022. 

Ajang yang menjadi bagian dari seri Kejuaraan Nasional Rally 2022 itu akan mengambil lokasi di area Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Dalam event yang juga merupakan persiapan menuju Asia Pacific Rally Championship (APRC) itu Rifat Sungkar akan didampingi M. Redwan, navigator yang telah menjadi pasangannya sejak 2015. 

Kehadiran Rifat Sungkar di Aek Nauli merupakan ajang kembalinya pria kelahiran 19 Oktober 1978 itu meramaikan kompetisi reli di tanah air. Terakhir kali Rifat turun di kancah reli nasional pada tahun 2010 atau 12 tahun silam.
 
Sejak meraih gelar Juara Nasional Rally 2008, putra dari pasangan tokoh reli nasional Helmy Sungkar (Alm) dan Ria Sungkar itu lebih banyak berlomba kancah internasional mulai dari  APRC, Rally America hingga World Rally Championship di kelas Production Car World Rally Championship (PWRC). Hanya sesekali ia turun di event reli nasional, itupun tidak mengikuti rangkaian kompetisi secara penuh.

Baca Juga:
Vettel Pensiun dari F1, Alonso Malah Kian Beringas di F1

 
Setelah dunia reli nasional vakum pada tahun 2020 akibat pandemi COVID 19, pereli nasional yang juga pendiri MXRT itu kembali merajai ajang Sprint Rally pada tahun 2021 bersama Mitsubishi Xpander AP4.
 
Di tahun 2022 ini, Rifat ‘come back’ ke arena reli. Bersama Mitsubishi XPANDER AP4, yang mendominasi lintasan Sprint Rally nasional, Rifat Sungkar berharap dapat unjuk kemampuan dengan hasil yang maksimal di lintasan Aek Nauli.
 
“Saya kembali ke arena reli setelah 12 tahun absen dan lebih banyak turun di ajang Sprint Offroad dan Sprint Rally. Meski memiliki karakter lintasan yang serupa, antara Sprint Offroad, Sprint Rally dan Rally memiliki tantangan yang berbeda. Tidak hanya untuk pembalapnya tapi juga untuk kendaraannya,” ungkap Rifat Sungkar. 
 
Selain itu inilah debut Xpander AP4 di kejuaraan reli dengan jarak tempuh yang lebih jauh dibanding sebelumnya di arena Sprint Rally. Tantangan yang disuguhkan dalam Speed Rally juga lebih berat daripada Sprint Rally. Pada Rally Danau Toba, yang dilaksanakan dua hari, pereli dan mobilnya harus menempuh total jarak 170 km dengan tantangan berbeda di tiap Stage.

Baca Juga:
6 Hal Ini Wajib Buat Bikers Pemula Motor Matik!

 
“Mobil ini akan menghadapi petualangan yang berbeda di Rally Danau Toba,” ucap Rifat Sungkar. “Belum pernah ada mobil MPV keluarga dengan penyesuaian minim yang turun di arena reli. Saya ingin menunjukkan bahwa mobil ini tidak hanya nyaman sebagai mobil keluarga, namun juga kompetitif dan tangguh di segala medan, bahkan di medan yang sangat berat yaitu reli.”     
 
Menghadapi Rally Danau Toba, tim MXRT tetap bekerja sama dengan RalliArt Selandia Baru dalam menyiapkan mobil tersebut. Serangkaian uji coba dan pengetesan telah dilakukan dan menunjukkan hasil yang memuaskan.
 
Tidak ada perubahan yang signifikan yang diberikan pada Mitsubishi XPANDER AP4 yang sebelumnya digunakan pada ajang sprint rally tahun 2021, baik pada bagian mesin maupun bagian lainnya. Hanya saja kali ini kelir warnanya dibuat lebih merah putih dengan desain cat yang baru.
 
Spesifikasi Umum Mitsubishi XPANDER AP4
Lebar: 1.820mm
Berat: 1.230kg
Mesin: Mitsubishi 4B11 (destroke and sleeved) 1.600cc
Horse Power: 350HP
Torsi: 555,8Nm : 410ft/lbs
Ban: Delium Radial 
- Tarmac : 205/64 - 15inch
- Gravel : 235-265/35 – 18inch


(uda)