Porsche Lahirkan Generasi Macan Terbaru yang Diklaim Lebih 'Buas' 

Porsche New Macan (Foto: newsroom.porsche.com)
Porsche New Macan (Foto: newsroom.porsche.com)

Autogear.id - Porsche baru saja memperkenalkan varian Macan terbaru, dengan dibumbui peningkatan performa, desain yang lebih tajam, dan konsep pengoperasian yang baru. Porsche Macan teranyar ini hadir dengan kekuatan yang diklaim Porsche jauh lebih besar daripada generasi sebelumnya. 

Sebagai sosok Sport Utility Vehicle (SUV), varian Macan GTS mesin biturbo V6 2,9 liternya kini menghasilkan 324 kW (440 PS). Artinya mengalami peningkatan 44 kW (60 PS) dibanding pendahulunya. 

Lewat dukungan daya tanggap dan pengiriman tenaga yang khas dari mobil Porsche GTS, model ini menyelesaikan kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 4,3 detik bila mengaktifkan paket Sport Chrono. Dengan kemampuan menggedor kecepatan maksimum atau top speed hingga 272 km/jam.
 
Kemudian varian Macan S yang kini juga dilengkapi mesin biturbo V6 2.9 liter, yang menghasilkan tenaga 280 kW (380 PS) atau 20 kW (26 PS) lebih besar dari sebelumnya. Tenaga tersebut mendorong Macan S dari posisi 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 4,6 detik. Sementara kecepatan maksimum atau top speed mencapai 259 km/jam. 

Adapun varian Macan bermesin empat silinder turbocharged yang baru dikembangkan, dengan 195 kW (265 PS) berfungsi sebagai titik masuk ke dunia Porsche Macan. Dimana mencatatkan penyelesaian kecepatan standar 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,2 detik. Serta sanggup menembus kecepatan tertinggi atau top speed 232 km/jam. 

Semua mesin pada Porsche Macan terbaru dikombinasikan dengan transmisi tujuh kecepatan Porsche transmisi kopling ganda (PDK), dan sistem all-wheel-drive Porsche Traction Management (PTM).

Model Macan baru juga tawarkan penyesuaian suspensi lebih luas, seimbangkan kenyamanan suspensi maksimum dan performa mobil sport. Elemen seperti karakteristik peredam dari Porsche Active Suspension Management (PASM) telah diadaptasi ulang secara khusus. Dimana PASM tersedia sebagai opsi untuk Macan S dan GTS.

Macan GTS kini punya suspensi udara sport standar, merendahkan bodi hingga 10 milimeter. Manfaat dinamis dari GTS baru, terutama karena fakta suspensi udara 10 persen lebih kaku pada gardan depan, dan 15 persen lebih kencang pada gardan belakang. 

Paket opsional GTS Sport diperkuat velg 21 inci untuk Macan GTS, 20 inci Macan S dan 19 inci Macan. Lalu Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus), dan paket Sport Chrono untuk Macan GTS.

Hidung Macan didesain ulang dengan inlay pada warna eksterior. Bagian tengah bumper depan GTS baru, serta elemen lain tampil dalam warna hitam. Bagian belakang ditegaskan ke arah bawah dengan diffuser mencolok. Lampu depan LED dengan Porsche Dynamic Light System (PDLS), dan kaca spion eksterior desain sport kini menjadi standar semua model.

Total 14 pilihan warna pada Macan baru, termasuk Papaya Metallic dan Gentian Blue Metallic, serta Python Green untuk Macan GTS. Pengoperasian konsol baru memanfaatkan permukaan sentuh. Tuas pemilih transmisi baru lebih pendek, berada di tengah modul kontrol. Jam analog di bagian atas dasbor kini juga menjadi perlengkapan standar. 

Sejumlah paket pelapis kulit dan jahitan kontras dalam Gentian Blue, Pepaya atau Crayon tersedia secara opsional. Layar sentuh Full HD 10,9 inci dari Porsche Communication Management atau melalui perintah suara. Macan mengadopsi roda kemudi multifungsi dan GT Sport baru dari 911.

Paket GTS Sport untuk model teratas ditambahi perlengkapan khusus dan eksklusif. Seperti kursi sport 18-way, paket interior Carbon, jok Race-Tex elemen kulit, berbagai item dengan jahitan kontras, dan huruf GTS dalam warna Python Green.

Model Macan baru sudah bisa dipesan, namun akan dikirimkan di Eropa baru awal Oktober 2021. Di Jerman sendiri, harga Macan mulai dari 62.917 euro, Macan S mulai dari 71.723 euro, dan Macan GTS mulai dari 88.264 euro. Bilai dirupiahkan, harga dimulai dari 1 miliar rupiah.


(acf)