Modifikasi Mobil

Honda CR-V 2008 Pinjam 'Tampang' Range Rover Evoque

Modifikasi ekstrem Honda CRV 2008 bergaya adopsi tampilan Range Rover Evoque. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Modifikasi ekstrem Honda CRV 2008 bergaya adopsi tampilan Range Rover Evoque. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Urusan modifikasi mobil, Tomi tidak ingin tanggung, apalagi mobil yang dirombaknya memang ingin diikutsertakan dalam kontes. Mengambil konsep aliran ekstrem, Tomi mengubah mobil Honda CRV tansmisi otomatis lansiran 2008 miliknya, menjadi seperti Range Rover Evoque.
 
Tampilan depan CRV ini pun mengalami reinkarnasi, mulai dari lampu depan, bumper, dan grill depan, semua diubah pakai kepunyaan orisinil Range Rover Evoque.

Pada bagian kap mesin mau tak mau harus menyesuaikan dan dilebarkan bersamaan dengan fender. Tujuannya agar ban lebar berukuran 24 inci muat, yang dibalut ban Toyo 255/300 di bagian depan dan belakang, ditambah pemasangan air suspension agar lebih nyaman saat dipakai.
 
Biar lebih tampil beda, empat pintu bawaan asli Honda CRV dirubah menjadi dua pintu di kedua sisinya, dengan model kupu-kupu atau seperti model gulwing. Belum merasa puas , Tomi memasangkan hidrolik dengan sistem motorized pada bagian kap mesin, pintu, bagasi, dimana penggeraknya cukup hanya menekan tombol atau dengan remote control.

Menurut Tomi, modifikasi ini memang difokuskan pada bagian body eksterior, karena dalam kontes, body ekterior adalah yang mendapat penilaian paling tinggi, karena mencakup sektor per-sektornya. Ditambahkannya, bagian tersulit pengerjaan mobil ini terletak pada bagian pintu, karena setting engselnya dari dalam. Tujuannya agar engsel tidak terlihat dari luar.

Selain itu pengecatan body mobil termasuk bagian yang sulit, karena pakai krom airbrush model tekno, dengan memadukan warna orange, gold dan silver. Tomi juga menjelaskan pengecatan yang dilakukannya belum digunakkan oleh para peserta lain yang ikut kontes.

Tidak cukup sampai disitu, pada bagian atap juga dipasangkan model panoramic custom, yang ukurannya hampir selebar atapnya, dengan penggunaan tempert berwarna gelap kehitam-hitaman.
 
Untuk urusan mesin, Tomi masih menggunakkan mesin yang sama, hanya penambahan pada turbocharged dan beberapa aksesoris lain, guna mendukung performa mobilnya.

Pada bagian interior juga berkonsep ekstrim, seperti penggunaan jok full carbon di bagian depan, sistem audio yang dipasang Tomi-pun tidak tanggung-tanggung, dengan total pemasangan 28 unit LCD, mulai dari ukuran 7 inci sampai ukuran yang paling besar 19 inci, yang menempel di bagian dalam pintu mobil.

“Total pengerjaan untuk menjadi tampilan seperti ini memakan waktu tiga bulan, biaya yang dikeluarkan rahasia dapur perusahaan,” pungkas Tomi sambil tersenyum.
 
Spesifikasi
 
Body: Custom
 
Mesin:
-
2400 cc K 24 Cilynder
-Ported and polish head with port Matched intake manifold
-Toda Hight Power Timing belt tensioner
-NGK-R Racing Spark Plug
-Throttle Body Port Matched
-Toda Race Head
-JS Racing low temp thermostat
-Walbro Fuel Pump
-Hybird Racing Fuel Preasure gauge
-Turbo Garret GT 28 bullbering
-Turbosmart westgate
-Blow Off HKS
-Dastek unichip Q Plus
-Open Filter Altec
-Cusco Oil Catctank
-Pivot Megarizin + Vortex power
-Replaced dynamo Starter 120A
 
Audio:
-Head Unit IWA 520
-Procecor Alpine pxa 800 + Rux 800
-TV 9 inci + TV 19 inci LG 2 pcs + Headrest
-Coaxial 5 ser ARC audio
-TV 17 inci 2 pcs with motorized, masing-masing 3 gerakan
-Subwoofer 2 pcs Venom 112 inci 5012 double coil triple magnet + Digital design 12 inci 2 pcs sero 9012 + Cello 10 inci 4 pcs
-Power Gramond gc 4.1x + gnetic 4100 + Digital design 2 pcs + Prokick pk 6000d 2 pcs + Venom Intelegent 1 pcs
-Capasitor Bank + x Static batcap 400 2 pcs + Accu 100a 2 pcs
-Box Custom Full fiber + Murano leathet balst
-Lampu-lampu autovision + 4 Projector bi Xenon + RGB Led Autovision
 


(uda)