Modifikasi Audio Mobil

Ketika Kustomisasi Sistem Audio Ikutan Merambah Mobil Listrik

Modifikasi audio mobil rambah ke mobil listrik. CA
Modifikasi audio mobil rambah ke mobil listrik. CA

Autogear.id – Ekosistem elektrifikasi kendaraan di Indonesia merangkak naik, seiring bertambahnya produsen kendaraan roda empat yang merilis serta memasarkan model kendaraan listriknya. Apakah itu jenis hybrid maupun full baterai (BEV). Alhasil, kondisi ini mendorong inovasi para pelaku bisnis aftermarket dalam menghadirkan produk, yang selaras dengan kebutuhan para pemilik kendaraan listrik. 

Banyak yang memang menginginkan adanya personalisasi di kendaraan mereka, supaya tampil beda. Installer sekaligus pemilik Cartens Audio Jakarta, Eddie Soesanto, mengatakan tingginya antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik, membawa sebuah revolusi baru dalam industri otomotif nasional. “Kami dukung penuh transformasi ini, menuju kualitas lingkungan hidup yang lebih bersih dan sehat, dengan semakin banyaknya populasi EV," ujarnya 

Menyangkut jal tersebut, Eddie pun memperkenalkan "Sound Redefined". Yakni sistem audio yang dikembangkan khusus untuk mobil listrik dan hybrid. Sistem tersebut menurutnya sudah diaplikasikan pada beberapa model mobil listrik dan hybrid. Seperti Kia EV6 GT Line, Hyundai Ioniq 5 dan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. 

"Tahun ini kami rilis kembali Sound Redefined, hasil modifikasi audio mobil untuk EV6 GT Line, yang pertama di Indonesia menggunakan perangkat audio aftermarket. Kami kawinkan dengan sistem audio mobil bawaannya, yakni Meridian Sound 12.1. Hasilnya, menyajikan kualitas suara premium serta instalasi tetap aman," jelasnya.

Baca Juga:
Motor Listrik Yadea Kebagian Subsidi Rp 7 Juta dari Pemerintah

Menurutnya, tidak berbeda dengan mobil konvensional, pemilik kendaraan listrik juga menginginkan adanya personalisasi. Menjadikan mobilnya tampil beda. “Industri pendukung otomotif harus bisa memanfaatkan kebutuhan ini secara optimal,” tukasnya. Dia mengajak para pemilik mobil listrik bisa melakukan peningkatan sistem audio kendaraannya. 

Salah satunya dengan cara memodifikasinya di workshopnya, yang juga dapat menerapkan sistem integrasi seamless OEM looks dengan teknologi 3D printing. Eddie menjamin, kustomisasi merek sound bawaan pabrik seperti Meridian, Bose, Infinity, Harman Kardon maupun Mark Levinson bisa dilakukan dengan sangat aman tanpa harus khawatir mengganggu sistem lainnya di dalam mobil. 

Bisa juga pilihan pemilik mobil untuk mengganti perangkat audio kendaraan kesayangannya dengan merek aftermarket seperti Alpine, Focal, Audison dan Ground Zero. Diintegrasikan langsung ke mobil listrik. “Untuk memberi warna suara lebih personal, berkelas dan memenuhi kebutuhan pemilik dalam menikmati musik favorit saat berkendara," kata pemilik audio workshop yang berlokasi di Niaga Duta Mas Fatmawati, Rukan Blok D2 No.22-23, Jakarta Selatan.

Workshop ini juga sebagai yang pertama menyediakan fasilitas charging station 7.7kwh. Menjaga kenyamanan pemilik mobil listrik melakukan modifikasi audio, tanpa khawatir mobil kehabisan daya baterai. 


(uda)