Serba-Serbi Formula 1

Rekrut Alonso, Renault Ingkar Janji Promosikan Pembalap Akademi

Bos Renault F1, Cyril Abiteboul. planetf1
Bos Renault F1, Cyril Abiteboul. planetf1

Autogear.id: Krisis yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 ternyata sangat berpengaruh dalam proyek pengembangan pembalap muda Renault Academy. 

Bos Renault, Cyril Abiteboul mengatakan bahwa sebelum memutuskan menarik kembali Fernando Alonso, sejatinya Renault berniat untuk mempromosikan jebolan akademi mereka untuk berduet dengan Esteban Ocon musim depan. 

Di satu sisi keputusan memilih Alonso sebenarnya bertentangan dengan visi Renault yang sejak awal berkomitmen untuk mengutamakan pembalap didikan mereka. Karena itu, Cyril Abiteboul akhirnya buka suara. 

"Ini pertanyaan penting karena saya sudah bisa mengerti bahwa keputusan kami mengontrak Fernando dapat dilihat sebagai kurangnya minat atau kesetiaan terhadap proyek kami sendiri di Akademi Renault," kata Abiteboul dalam keterangan resminya. 

Akan tetapi, karena penundaan jadwal balap sejak awal tahun membuat Renault belum sempat untuk menilai kelayakan performa dua kandidat akademi mereka yakni Guanyu Zhou dan Christian Lundgaard.

"Rencananya pembalap akademi diharapkan bergabung dengan Formula 1 pada tahun 2021. Tapi mari kita hadapi itu, tahun ini, krisis ini memiliki banyak dampak yang parah, salah satunya adalah menunda awal musim dan oleh karena itu keterlambatan kemampuan untuk menilai kinerja dua kandidat dari Akademi kami, Guanyu Zhou dan Christian Lundgaard," lanjut Abiteboul. 

Sementara itu, kehadiran Fernando Alonso ke Renault tidak hanya bertujuan untuk mengisi formasi pembalap. Pengalaman dan jam terbang Alonso yang dimaksimalkan Renault untuk mengembangkan mobil F1 dengan regulasi baru pada tahun 2022 mendatang. 

 

 

 


(uda)