Tips Mobil

Lakukan Tiga Hal Ini Agar Interior Mobil Bebas Virus

Bersihkan area interior mobil agar terhindar dari virus. dok medcom
Bersihkan area interior mobil agar terhindar dari virus. dok medcom

Autogear.id: Penyebaran pandemik Covid-19 (Korona) memang sangat cepat dan berbahaya. Penyebaran virus Korona bisa terjadi dengan banyak cara, alias tidak harus melakukan kontak langsung dengan orang yang terjangkit. 

Beberapa pakar menyebutkan virus bisa bertahan di beberapa tempat seperti di meja, kursi, kain, baju, dan lain-lain. Karena itu, yang bisa kita lakukan hanyalah mengantisipasi dengan cara hidup bersih serta menjauhi kerumuman atau keramaian.

Tak hanya itu, lingkungan di sekitar kita juga harus dipastikan kebersihannya termasuk interior kendaraan. Setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan agar mobil serta interiornya aman dari virus. 

1. Pakai masker dan taati aturan berkendara selama PSBB

Jika memang harus keluar rumah, jangan lupa menggunakan masker serta membawa hand sanitizer, kertas tissue basah dan kering. Jika keluar berbelanja, usahakan membawa kantong belanja sendiri. Taati aturan PSSB dengan membatasi jumlah orang dalam satu kendaraan.

2. Bersihkan mobil sehabis keluar rumah

Ketika Anda sudah tiba di rumah. Semprotkan desinfektan pada lap baru dibalurkan untuk area yang memiliki kemungkinan tinggi disentuh orang lain seperti pegangan pintu, jok mobil dan dashboard. Kalau memang diperlukan tidak ada salahnya menyemprot semua sisi interior kabin. 

3. Perhatikan sirkulasi kabin

Langkah ketiga ini tidak kalah penting. Meski mobil sama sekali tidak digunakan, usahakan setiap harinya mengganti sirkulasi di dalam kabin. Nyalakan mesin, buka semua kaca jendela mobil lalu hidupkan AC selama 15 menit dengan hembusan maksimal, kKemudian tutup kembali kaca jendela, dan matikan mesin.


(uda)