Serba-Serbi Formula 1

Diam-Diam F1 Bahrain Tetap Berjalan?

Formula 1 Virtual Grand Prix edisi perdana menggunakan lintasan Bahrain. f1
Formula 1 Virtual Grand Prix edisi perdana menggunakan lintasan Bahrain. f1

Autogear.id: Penundaan jadwal Formula 1 musim 2020 akibat wabah Covid-19 membuat promotor F1 menginisiasi kekosongan dengan menggelar balapan F1 Virtual Grand Prix.

Seri perdana Grand Prix Virtual Formula 1 telah usai dan keluar sebagai pemenang yaitu atlet eSport sekaligus pembalap F2 asal China Guanyu Zhou yang mengalahkan beberapa pembalap asli pro lainnya seperti Esteban Guttierez, Stoffel Vandoorne, Lando Norris hingga pembalap DTM Philip Eng.  

Balapan ini menggunakan lintasan GP Bahrain sesuai dengan kalender asli F1 Bahrain yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2020. Sama halnya dengan balapan asli F1, kejuaraan F1 virtual ini juga diikuti oleh 10 tim dan 20 pembalap. 

Kompetisi berjalan sengit sejak kualifikasi, Philipp Eng yang membela Red Bull mengisi posisi terdepan. Gutierrez yang memperkuat Mercedes di urutan kedua. Sedangkan Zhou yang mewakili Renault mengisi posisi start ketiga. 

Saat race, Zhou menerapkan strategi pit stop lebih awal. Benar saja ketika semua lawannya masuk ke pit, ia mampu memaksimalkan peluang untuk mempertahankan posisi terdepan. Stoffel Vandoorne sempat mencoba menekan Zhou namun karena jumlah lap hanya 14, Vandoorne tidak punya banyak kesempatan hingga dan harus puas di posisi kedua disusul Philip Eng di tempat ketiga. 

Grand Prix Virtual F1 dijadwalkan akan berlangsung setiap akhir pekan sesuai dengan kalender resmi F1 sebelum penundaan. Seri F1 virtual berikutnya akan diselenggarakan di Vietnam pada tanggal 5 April. Akan tetapi karena game yang dimainkan adalah versi 2019 maka lintasan Vietnam belum tersedia sehingga diganti menjadi sirkuit Albert Park Melbourne. Setelah itu dilanjutkan dengan GP China pada tanggal 19 April 2020 mendatang. 

"Kami sangat senang dapat menghadirkan sedikit atmosfir dalam bentuk F1 Esports Virtual GP, di saat-saat yang tidak dapat diprediksi ini, karena kami berharap dapat menghibur penggemar yang kehilangan jadwal reguler aksi olahraga F1," kata Head of F1 Digital Business Initiatives, Julian Tan dilansir dari Autosport. 

Hasil lomba F1 Virtual seri 1 (Sirkuit Bahrain):

1. Guanya Zhou (Renault)
2. Stoffel Vandoorne (Mercedes)
3. Philip Eng (Red Bull)
4. Jimmy Broadbent (Racing Point)
5. Lando Norris (McLaren)
6. Nicholas Latifi (Williams)
7. Luca Salvadori (AlphaTauri) 
8. Redeye (Haas)
9. Dino Beganovic (Ferrari) 
10.Gutierrez (Mercedes)
11.Nico Hulkenberg (Racing Point) 
12.Sadokist (AlphaTauri)
13.Herbert (Alfa Romeo) 
14.Nicolas Hamilton (McLaren)
15.Ian Poulter (Renault)
16.Sir Chris Hoy (Red Bull) 
17.Liam Payne (Williams)


(uda)