Serba-Serbi MotoGP

Teka-Teki Masa Depan Rossi Segera Terjawab

Lin Jarvis yakin Rossi akan rilis pengumuman di bulan Juni. cmg
Lin Jarvis yakin Rossi akan rilis pengumuman di bulan Juni. cmg

Autogear.id: Direktur Operasional Yamaha Racing Lin Jarvis, mengatakan bahwa 'the doctor' akan menyampaikan keputusan pensiun atau tidak pada Juni 2020. Kemungkinan besar pengumuman Rossi akan dirilis saat balapan MotoGP Italia di sirkuit Mugello. 

"Saya pikir waktunya keputusan bisa sama, jadi dalam dua bulan, katakanlah Juni," ujar Jarvis dikutip dari Skysport, Selasa (28/4/2020). 

Masa depan Rossi di MotoGP memang masih teka-teki, namun yang pasti musim depan Rossi sudah tidak lagi di tim utama Yamaha karena sudah dipastikan milik Fabio Quartararo. 

Dengan demikian, opsi yang ditawarkan Yamaha kepada Rossi adalah memperkuat tim satelit Petronas Yamaha namun dengan spek motor setara pabrikan. 

"Kami memiliki perjanjian dengan Razlan Razali (bos Yamaha Petronas) yang menunggu kami dan sepenuhnya memahami apa yang ingin dilakukan Valentino dan Yamaha," lanjut Jarvis. 

Meski demikian, Yamaha juga tidak bisa memaksa tim satelit Petronas untuk menerima Rossi. Akan tetapi, tentunya tidak ada alasan juga bagi Petronas menolak Rossi jika ia masih ingin balapan tahun depan.

"Mereka (Petronas Yamaha) punya keputusan akhir dalam kontrak dan kami harus menerima pembalap yang akhirnya akan mereka pilih," beber Jarvis. 

Sebelumnya Rossi mengatakan ia baru bisa mengambil keputusan setelah menjalani beberapa race musim ini dan melihat seberapa kompetitif dirinya di usia 41 tahun. 


(uda)