Keren, Mobil Listrik Ini Bisa Parkir Sendiri dan Pilih Warna

Mobil listrik Porsche Taycan bisa parkir pakai smartphone dan pilih warna sendiri (Foto: Porsche Newsroom)
Mobil listrik Porsche Taycan bisa parkir pakai smartphone dan pilih warna sendiri (Foto: Porsche Newsroom)

Autogear.id - Mobil sport listrik Porsche Taycan dan Taycan Cross Turismo memperkenalkan model year (MY) 2022 dengan perubahan ekstensif. Peningkatan paling signifikan adalah adanya integrasi Android Auto dalam sistem Porsche Communication Management (PCM).

Selain itu ketersediaan Remote Park Assist untuk pertama kalinya di Taycan. Sehingga memungkinkan proses parkir mobil dikontrol melalui smartphone. Tanpa pengemudi harus berada di belakang kemudi. 

Begitupula adanya Paint to Sample dan Paint to Sample Plus yang baru, untuk memberi pilihan warna yang tidak biasa dan personal. Sebagai contoh, Taycan sekarang dapat dicat dengan Rubystar klasik era 90-an, atau Acid Green yang cerah.

“Pengembangan teknis berkelanjutan dari kendaraan kami adalah bagian dari DNA Porsche. Generasi terbaru Taycan coba mengesankan, lewat adanya konektivitas smartphone tanpa batas, yang kini mencakup Android Auto,” kata Kevin Giek, Vice President Model Line Taycan. 

Lebih jauh dijelaskan, fitur Remote Park Assist membuat pengemudi Taycan mengontrol mobil masuk dan keluar tempat parkir tanpa pengemudi berada di belakang kemudi. Kontrol otomatis dimungkinkan untuk ruang parkir atau garasi paralel dan tegak lurus. 

Sistem secara otomatis mendeteksi ruang parkir dan mengukurnya, menggunakan sensor ultrasonik dan sistem kamera kendaraan. 
Jika tersedia cukup ruang, pengemudi bisa memulai proses parkir via aplikasi Porsche Connect. Pengemudi dapat terus memantau proses parkir dengan menekan dan menahan tombol pada antarmuka aplikasi smartphone. 

Bisa dikatakan, fungsi Remote Park Assist secara independen mengambil alih kemudi, dan mengontrol gerakan maju dan mundur kendaraan. Jika tombol dilepas, Taycan segera menghentikan manuver parkir.

Porsche Communication Management (PCM) generasi ke-6 telah dipasang sejak Taycan diperkenalkan. Android Auto kini juga terintegrasi di PCM, didukung Apple CarPlay untuk iPhone. Artinya, kini smartphone dengan sistem operasi Google Android juga didukung. 

Karena itu, fungsi telepon dan aplikasi ponsel cerdas tertentu yang tidak mempengaruhi keselamatan berkendara, saat ini bisa dioperasikan lewat PCM 6.0, atau perintah suara Asisten Google. 
Era 90-an Porsche memperkenalkan sejumlah cat beraneka warna. Alhasil, dengan cepat mengantongi popularitas di kalangan penggemar mobil klasik kala itu. 

Kali ini warna-warna eye-catching itu kembali hadir, dengan penawaran Paint to Sample dan Paint to Sample Plus. Yakni, disamping 17 warna cat standar, juga memungkinkan 65 warna tambahan. 

Termasuk warna Moonlight Blue Metallic, Acid Green, Rubystar, Riviera Blue dan Viola Metallic yang menjadi ciri khasnya. Paint to Sample Plus memberi pelanggan kebebasan dalam memilih warna. Bahkan memungkinkan pelanggan untuk mencocokkan Taycan dengan aksesoris favorit mereka.

Sejauh ini pihak Porsche mengatakan telah menyiapkan lebih dari 2.000 titik pengisian listrik AC atau Porsche Destination Charging di lebih dari 50 negara. Dengan lokasi seperti hotel, restoran, bandara, pusat perbelanjaan, klub olahraga dan tempat tertentu lainnya.


(acf)