Formula 1

Regulasi Belum Berubah, McLaren Kukuh Ganti Mesin Tahun Depan

Musim 2021 mendatang, McLaren F1 beralih dari mesin Renault ke mesin Mercedes. gpfans
Musim 2021 mendatang, McLaren F1 beralih dari mesin Renault ke mesin Mercedes. gpfans

Autogear.id: Penyelenggara F1, FIA dan semua tim F1 sepakat kalau penerapan regulasi baru mundur hingga musim 2022. Dengan demikian, di tahun 2021 semua tim masih menggunakan mobil yang sama dengan yang dipakai tahun ini. 

Meski begitu, McLaren menegaskan akan tetap menjalankan rencana awal untuk beralih dari mesin Renault ke mesin Mercedes pada musim 2021 mendatang. 

Rencana ini sebenarnya sudah diumumkan McLaren sejak tahun lalu, kalau mereka akan kembali menggunakan power unit Mercedes mulai 2021 saat aturan baru berlaku. Walaupun faktanya regulasi tahun depan belum berubah, hal itu tidak jadi masalah karena McLaren hanya perlu memasang mesin dari suplier yang berbeda. 

"Kami akan menggunakan mesin Mercedes pada tahun 2021 sesuai rencana dan kami akan meletakkannya di sasis dasar saat ini," jelas keterangan resmi McLaren. 

Kesimpulannya, kecuali mesin, semua komponen yang ada di mobil F1 McLaren tahun ini masih akan tetap terpasang di tahun 2021. 

Sementara itu, wabah global Covid-19 telah membuat musim F1 2020 berantakan. Tidak tanggung-tanggung, enam Grand Prix awal di Australia, Bahrain, Cina, Vietnam, Belanda dan Spanyol telah ditunda. Bahkan Grand Prix Monaco juga sudah dipastikan mundur dari kalender F1 2020. 

Berdasarkan revisi jadwal, jika tidak ada halangan dan situasi sudah kondusif, F1 Azerbaijan kemungkinan menjadi seri pembuka pada tanggal 5-7 Juni 2020 mendatang.


(uda)