New Civic Type R Jadi Mobil Resmi Dua Tim F1

New Honda Civic Type R jadi mobil resmi tim F1 (Foto: Honda Mobil)
New Honda Civic Type R jadi mobil resmi tim F1 (Foto: Honda Mobil)

Autogear.id - New Honda Civic Type R dikabarkan telah resmi menjadi official car untuk mendukung aktivitas tim balap Formula 1 (F1) Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Malah tim balap asal Italia, Scuderia AlphaTauri sudah memanfaatkan jasa Honda Civic Type R sebagai official car sejak tahun 2020.

Sementara bagi tim Red Bull Racing, tahun 2021 ini merupakan pertama kalinya menggunakan official car dari Honda. Salah satunya adalah New Honda Civic Type R ini.

Sebelumnya, New Honda Civic Type R yang dipilih sebagai official car kedua tim balap tersebut juga telah membuktikan kemampuannya. Yakni dengan menjadi mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. 

Mobil ini mempersembahkan catatan waktu 7 menit 43,80 detik pada tahun 2017. Kemudian uji kemampuan berlanjut di sirkuit Suzuka, Jepang, pada tahun 2020. Catatan waktu yang berhasil dikantongi mobil ini adalah 2 menit, 23,933 detik.

New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo, memiliki tenaga maksimal sebesar 310 PS pada 6.500 rpm. Adapun torsi maksimal dari kendaraan ini adalah 400 Nm pada 2.500 - 4.500 rpm.

Kekuatan mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan, yang diklaim Honda telah disempurnakan oleh Rev Match System. Yaitu sebuah sistem yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi. 

New Honda Civic Type R juga telah dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang menurut pihak Honda juga lebih responsif. Belum lagi bicara stabilitas saat melaju pada kecepatan tinggi, yang telah ditingkatkan kualitasnya.

Untuk pasar Indonesia, New Honda Civic Type R sejauh ini telah tersedia dalam 3 (tiga) pilihan warna. Antara lain Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. Seputar harga yang ditawarkan, kendaraan ini dibanderol Rp 1.177.000000. Merupakan harga on the road wilayah DKI Jakarta. 

Sekilas gambaran Scuderia AlphaTauri merupakan metamorfosa dari pendahulunya, yaitu tim Scuderia Toro Rosso, yang membalap di F1 mulai dari 2006 hingga 2019. Tim Scuderia Toro Rosso sendiri sudah memulai kerja sama eksklusif dengan Honda sejak 2018. 

Pada ajang balap F1 2021, tim Scuderia AlphaTauri diperkuat oleh duet pembalapnya, yakni Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda. Kalau tim Red Bull Racing yang sudah menggunakan mesin Honda sejak tahun 2019. Kemudian pada musim balap 2021 ini diperkuat oleh duet pembalapnya yaitu Max Verstappen dan Sergio Perez.


(acf)