Mobil F1 Bekas Lewis Hamilton Dilelang, Laku Berapa?

Foto: Ist
Foto: Ist

Autogear.id - Lelang mobil penumpang? Itu sudah biasa. Yang anti mainstream dan luar biasa adalah ketika lelang sebuah mobil balap Formula 1 alias F1. Serius..?

Yup, beberapa waktu lalu, rumah lelang RM Sotheby's telah membuka listing, untuk lelang mobil F1 yang pernah dikendarai juara dunia F1 Lewis Hamilton. Adapun yang dilelang tersebut adalah McLaren-Mercedes MP4-25A.

Pelelangan mobil itu sendiri sebenarnya telah dimulai sejak gelaran ajang F1 Inggris beberapa pekan lalu. Dan belum lama ini, mobil balap tersebut sudah laku terjual. Mau tahu berapa harganya? Mencapai Rp95 miliar, sob!

Mobil balap Formula 1 itu pernah dipakai oleh Lewis Hamilton, dan juga rekannya Jenson Button di ajang F1. Setelah terjual dengan harga hampir seratus miliar tersebut, McLaren MP4-25A ini menjadi mobil F1 kedua dengan harga jual termahal sampai sekarang.

Sampai sejauh ini, mobil F1 dengan harga termahal masih dipegang oleh mobil Ferrari F2001 milik Michael Schumacher, yang telah dilego dengan harga mencapai Rp107,8 miliar, sekitar tahun 2017 lalu.

Menariknya, sebelum terjual, mobil tersebut diketahui sempat dilakukan uji coba beberapa kali di sirkuit Silverstone, Inggris. Ini dilakukan untuk menunjukkan rasa penasaran para calon pembeli, yang ingin melihat langsung seperti apa performa dari mobil dengan mesin Mercedes-Benz 2,4 liter V8 ini.

Sebagai rumah lelang, RM Sotheby's sendiri mengatakan, alasan utama yang membuat mobil ini dibanderol dengan harga begitu mahal adalah karena prestasi dari sang pembalap Lewis Hamilton. 

Sehingga pihaknya berani menjamin, banyak orang yang mendambakan dan tertarik mengoleksi mobil yang pernah dikendarai Hamilton. Dan ternyata, prediksi RM Sotheby’s pun terbukti, mobil tersebut jatuh ke tangan seorang pembeli super kaya.

"Seperti kita ketahui, prestasi Lewis Hamilton di F1 memang luar biasa. Dan mungkin saja tidak bisa lebih lagi. Artinya, jelas mobil yang pernah Hamilton kendarai akan menjadi hal yang paling didambakan dalam beberapa dekade yang akan datang. Kini kami sangat senang, bahwa mobil ini telah menemukan rumah baru," ucap Shelby Myers, Car Specialist dan Global Head of Private Sales dari RM Sotheby's.


(acf)