Tips: 4 Hal yang Bisa Dilakukan Wanita Saat Mobilnya Mogok

Foto: Ist
Foto: Ist

Autogear.id - Buat pengendara mobil, terutama wanita, mengalami kendala mobil mogok di jalan, memang merupakan hal yang paling merepotkan serta menjengkelkan.

Jika sudah mogok, kebanyakan perempuan pasti langsung panik. Buru-buru menghubungi bengkel resmi atau bengkel langganan. Atau ada juga yang menghubungi temannya, untuk membantu mengatasi masalah mobilnya yang mogok.

Tetapi sebenarnya pengendara wanita tak perlu panik, dan melakukan hal tersebut. Apalagi sampai jengkel berlebihan. Tenang saja, karena sebenarnya bisa dicari tahu penyebabnya, kenapa mobil sampai mogok saat dikendarai.

Berikut, 4 tips yang bisa dilakukan wanita saat mobilnya mogok:

1. Air Radiator

Memang, salah satu masalah yang sering terjadi saat mobil mogok adalah overheat. Mengapa mobil bisa overheat? Mobil menjadi overheat lantaran suhu mesin yang terlalu panas.

Untuk mengatasinya, bisa dicoba dengan mengecek air radiator terlebih dahulu. Bila kurang, malah sampai habis, segera lakukan pengisian kembali air radiator mobil. Siapa tahu masalah overheat dapat terselesaikan.

2. Lampu Indikator Oli

Sekarang ini fitur-fitur pada kendaraan semakin canggih. Pada komponen mobil saat ini banyak tersedia indikator. Satu diantaranya indikator oli mesin. Nah, oli mesin yang kurang dari kapasitasnya juga bisa jadi penyebab mobil mogok.

Oleh karena itu, segeralah periksa indikator oli mesin. Bila perlu, saat mesin sudah dingin, buka kap mesin dan cek oli mobilnya. Apakah oli mesin masih dalam kondisi normal, atau sudah habis dan kering?

3. Sekring Mobil    

Setelah periksa air radiator, dan lampu indikator oli ternyata semua tak ada masalah, tapi mobil masih mogok? Coba tahap selanjutnya periksa setiap sekring yang terdapat di mobil. Baik itu sekring yang ada di dalam kap mesin, ataupun sekring yang berada di bawah setir kemudi.

Ketika memeriksa sekring, pastikan sekring dalam kondisi tak ada yang rusak, meleleh ataupun putus.

4. Kopling Aus

Penyebab mobil mogok juga bisa dari kopling yang aus. Masalah pada kopling mobil yang aus, akan terasa jika sebelum mogok, mobil akan cenderung tidak bertenaga sewaktu dijalankan. 

Mobil pun seakan tidak mampu berjalan cepat, serta selalu kehabisan tenaga saat melibas jalan menanjak. Mengatasi hal itu, sebaiknya segera menelepon montir. Karena untuk urusan kopling mobil yang aus, hendaknya ditangani oleh montir yang benar-benar mengerti.


(acf)