Audi Rilis Dua Mobil Baru Seharga Rp1,2 M, Bagaimana Spesifikasinya?

Penampakan New Audi A5 Sporback yang dibanderol mulai Rp1,2 M (Foto: Garuda Mataram Motor)
Penampakan New Audi A5 Sporback yang dibanderol mulai Rp1,2 M (Foto: Garuda Mataram Motor)

Autogear.id – Dua model New Audi A5 secara resmi mulai diperkenalkan PT Garuda Mataram Motor, selaku Agen Pemegang Merek Audi di Indonesia. Keduanya adalah New Audi A5 Sportback, dan New Audi A5 Coupe.

Hadir dengan implementasi elemen bahasa desain baru dari karakter sang kakak, model Audi yang berukuran penuh memberikan estetika sporty. Andrew Nasuri, Presiden Direktur & CEO PT Garuda Mataram Motor mengatakan, perkenalan produk baru merupakan salah satu langkah untuk terus memperkuat eksistensi Audi di tengah industri otomotif Tanah Air.

“Kali ini kami perkenalkan New Audi A5 yang membawa teknologi terkini demi kepuasan para pecintanya. Mobil ini tawarkan desain baru yang lebih atraktif, sporty sekaligus tetap elegan. Lewat mesin bertenaga juga efisien, berteknologi TFSI dan sistem penggerak quattro,” urainya.

Banyak yang mengakui, sejak generasi pertama tahun 2007, Audi A5 telah membawa nilai sporty dan garis bodi harmonis. Apalagi pada generasi keduanya tahun 2016, ditambahkan sejumlah aksen baru yang membuatnya kian tajam.

Secara tampilan eksterior, gril bingkai tunggal beraksen sarang lebah dibuat lebih rata dan lebar. Celah ventilasi di bagian atas gril mengingatkan pada desain klasik Audi Sport quattro dari tahun 1984. 

Bilah tebal yang baru, membentuk bagian bawah bumper depan, dengan lubang asupan udara lebih besar. Bagian samping, tepatnya sisi bawah mobil, diperkuat desain baru yang menjadikan tampilan lebih ramping. Sedangkan diffuser di antara kedua ujung knalpot trapesium, membuat bagian belakang mobil terkesan lebar namun kekar.

Baik New Audi A5 Sportback maupun Coupe sama-sama mendapatkan lampu depan LED sebagai kelengkapan standar. Meski begitu, Audi juga tawarkan opsi paling tinggi gunakan lampu depan Matrix LED dengan lampu laser Audi. Serta lampu belakang LED plus lampu sein dinamis. Dibumbui penyalaan sekuensial serta sistem pembersih lampu.

New Audi A5 yang ditawarkan di Indonesia hadir dengan bumper S Line, serta velg forged alloy 15-spoke 17 inci berbalut ban 225/50 R17. Tapi Audi Indonesia berikan opsi desain velg untuk bikin tampilan berbeda. Mulai velg 18 inci alloy 5-double-spoke star style, hingga velg 19 inci Audi Sport cast alloy 10-spoke star style Platinum Look.

Interior tipe ini didominasi desain garis-garis horizontal. Terutama diperlihatkan oleh lebarnya lubang ventilasi udara di dashboard, dan permukaan di bagian bawah pada panel instrumen.

embed

Layar sentuh MMI, 10,1 inci plus feedback suara sebagai pusat pengendali baru. Ketebalan layar sentuh yang hanya 1,3mm menggantikan tombol putar pada generasi sebelumnya. Pencarian pada MMI berdasarkan input teks, dan hasilnya bisa cepat diperoleh. Bahkan untuk input pengendali dengan suara, bisa beradaptasi dengan bahasa sehari-hari.

Sebagai opsi tertinggi, konsumen dapat memilih MMI Navigation Plus, menyuguhkan sistem navigasi intuitif dan pintar.

Di balik lingkar kemudi terdapat Audi Virtual Cockpit layar full-HD 12,3 inci (1.920 x 720 pixels), dapat dioperasikan dari tombol multifungsi di setir. Bisa dipilih dari tiga tampilan, termasuk untuk menampilkan pada opsi head-up display. Mengintip sistem hiburan, model ini sudah menyematkan Audi sound system sebagai kelengkapan standard. Untuk opsi, terdapat Audi smartphone interface.

New Audi A5 menawarkan beberapa pilihan selain kursi standard, antara lain sport seat atau sport seat dengan ventilasi. Konsumen juga bisa pilih opsi paket S Line Interior, terdiri dari embos ‘S’ pada kursi sport seat berbalut kulit Nappa, plafon fabric berwarna hitam, serta permukaan aksen interior berbalut kelir Hitam Glossy.

Tersemat pedal dan foot rest terbungkus stainless steel, aksen dekoratif warna Black Piano Lacquer eksklusif. Penggunaan lingkar kemudi sport berbalut kulit, 3-spoke tombol Multifungsi Plus, dan flat-bottomed. Untuk interior, terdapat dua pilihan warna, yaitu Black dan Okapi Brown.

Secara global, mesin Audi A5 Sportback hadir dalam 3 pilihan, yakni Audi A5 Sportback 2.0L TFSI (190 hp, 320 Nm, FWD), Audi A5 Sportback 2.0L TFSI quattro  (245 hp, 370Nm) dan Audi A5 Coupe 2.0L TFSI quattro (245 hp, 370 Nm).

Namun di Indonesia, Hanya satu opsi jantung pacu yang ditawarkan bagi New Audi A5 Sportback dan Coupe, yaitu mesin bensin 4-silinder segaris 2.0 Liter TFSI. Walaupun ada perbedaan output tenaga yang ditawarkan pada mesin berimbuh turbocharger kapasitas 1.984 cc ini, terhadap New Audi A5 berpenggerak roda depan dan quattro.

Buat New Audi A5 berpenggerak roda depan (FWD), mesin ini mampu melontarkan tenaga puncak 190 hp dan torsi maksimal 320 Nm. Berpadu transmisi otomatis 7-speed S-Tronic. Mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,5 detik, dengan topspeed 241 km/jam.

Konsumsi bahan bakar tipe ini diklaim mampu mencatatkan angka 5,1 liter per 100 km untuk pemakaian luar kota. Dan 7,7 liter per 100 km untuk pemakaian dalam kota. Kombinasinya mencapai 5,9 liter per 100 km.

Sementara New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro, mesin serupa yang digunakan mampu menghasilkan tenaga puncak 245 hp dan torsi maksimal 370 Nm. Melalui transmisi otomatis 7-Speed S-tronic yang mendistribusi tenaga ke empat rodanya.

Akselerasi New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro dari kondisi diam hingga 100 km/jam dapat dicapai dalam 5,9 detik. Sementara model Coupe, akselerasi 0 - 100 km/jam tercatat 5,5 detik. Kecepatan maksimum keduanya berada di angka 250 km/jam.

Terkait konsumsi bahan bakar, New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro sama-sama tembus di 6,0 liter per 100 km untuk perjalanan luar kota. Dan 9,2 liter per 100 km di dalam kota. Kombinasinya mencatatkan 7,2 liter per 100 km.

Untuk pasar Indonesia, Audi tawarkan lima pilihan warna New Audi A5 Sportback maupun Coupe. Yaitu Tango Red Metallic, Turbo Blue, Daytona Gray Pearlescent, Ibis White, dan Mythos Black Metallic. Keduanyanya dibanderol harga mulai Rp1,248 miliar (off the road).


(acf)