Dakar Rally 2022 (Etape-8)

Mobil Listrik Dominasi Etape-8, Loeb Pangkas Selisih dari Attiyah

Mattias Ekstrom kembali buktikan performa mobil listrik Audi di ajang balap terganas dunia. DR 2022
Mattias Ekstrom kembali buktikan performa mobil listrik Audi di ajang balap terganas dunia. DR 2022

Autogear.id - Pembuktian demi pembuktian diberikan para pereli tim Audi Sport yang menggunakan mobil listrik, bahwa mobil tersebut sanggup meraih kemenangan di rute terganas Dakar Rally Arab 2022. Salah satunya terlihat di etape-8 pada Senin (10/1) dari Al Dawadimi ke Wadi Ad Dawasir sepanjang 830 km (termasuk 395 km etape spesial).

Namun kali ini bukan Carlos Sainz, melainkan rekan setimnya yaitu Mattias Ekstrom yang meraih kemenangan etape pertama kalinya sepanjang DR Arab 2022 berlangsung. Bahkan Ia terlihat sangat percaya diri karena finish tak berbeda jauh dari rekan setimnya Stephane Peterhansel yang meraih posisi kedua dengan jeda 49 detik.

"Awal etape ini saya merasakan mobil ini mengalami penurunan performa yang cukup signifikan. Namun setelah regrouping, performanya mulai membaik dan navigatorku melakukan pembacaan navigasi yang sangat baik. Saya merasa masih sebagai rookie di sini, belajar terus dari etape ke etape dan berupaya tak melakukan kesalahan fatal. Paling tidak kami berhasil membuktikan mobil ini punya potensi yang sangat besar," klaim Ekstrom.

Baca Juga:
Awal 2022, Mitsubishi Gaspol Show-Off ke 20 Kota

Bahkan rekan setim Ekstrom yaitu Sainz pun mampu membuktikan kekuatan dan dominasi mobil listrik di posisi 4. Satu-satunya pereli yang mampu menyusup di urutan ketiga adalah Sebastien Loeb yang kini sedang bertarung menyusul dan memangkas selisih waktunya dari Nasser Al Attiyah yang masih sangat dominan di klasemen sementara.

Sayangnya, potongan waktu yang diraih kali ini hanya 7 menit. Padahal selisih waktunya dari pereli Qatar itu sebelum etape ini masih terpaut 45 menit. Kini selisih waktu mereka masih cukup besar, namun jika Loeb konsisten finish dengan selisih yang signifikan, maka pertarungan meraih titel juara bisa terbuka lebar. 

Penyebab turunnya performa Attiyah adalah masalah yang awalnya terjadi hanya kebocoran ban. Namun ternyata merembet ke rusaknya gardan belakang sehingga sistem 4x4 di mobil tersebut tak bekerja.

"Namun 50 km menjelang garis finish, saya tak perduli dan langsung gaspol mobil ke garis finish. Meski demikian, rasa cemas yang berlebihan cukup menggelayut di kepalaku, karena mobil ini sangat kasar dikendarai lantaran adanya kerusakan komponen. Makanya saya bilang, ini hari yang beruntung bagiku," ujar Attiyah.

Ia pun menganggap bahwa Dakar selalu membawa kejutan-kejutan di setiap etapenya. Dan takkan pernah finish jika belum finish. 

Hasil Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. (SWE) MATTIAS EKSTROM, TEAM AUDI SPORT, 03H 43' 21''
2. (FRA) STÉPHANE PETERHANSEL, TEAM AUDI SPORT, + 00H 00' 49''    
3. (FRA) SEBASTIEN LOEB, BAHRAIN RAID XTREME, + 00H 03' 08''

Klasemen sementara Dakar Rally Arab 2022 (mobil):
1. Nasser Al-Attiyah, TOYOTA, 27:45:52    
2. Sebastien Loeb, PRODRIVE, +00:37:58
3. Yazeed Al Rajhi, TOYOTA, +00:53:13    (penalti waktu 35 detik)


(uda)