Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 91%, Siap Gelar WSBK 2021?

Layout Sirkuit Mandalika (Foto: Instagram @themandalikagp)
Layout Sirkuit Mandalika (Foto: Instagram @themandalikagp)

Autogear.id - Gara-gara adanya pandemi covid-19, mungkin sebagian besar kita nyaris lupa dengan adanya proyek sirkuit Mandalika. Program besar Indonesia, membuat sirkuit yang layak untuk gelaran balap berskala nasional bahkan dunia.

Padahal, Mandalika International Street Circuit terus dikebut pengerjaannya. Apalagi jelang perhelatan kejuaraan World Superbike (WSBK) seri Indonesia 2021. Karena memang ajang kejuaraan WSBK Indonesia sudah masuk kalender musim ini. Meskipun MotoGP Indonesia rencananya baru diagendakan tahun depan alias 2022.

Yup, WSBK Indonesia masuk dalam kalender WSBK 2021, dan dipersiapkan bakal digelar bulan November mendatang. Lantas, sudah sejauh mana perkembangan pembangunan sirkuit yang diharapkan semakin membuat nama Indonesia melambung, sekaligus mendongkrak pariwisata serta ekonomi Tanah Air tersebut?

Dikutip dari Instagram @themandalikagp, penggarapan konstruksi sirkuit Mandalika diklaim sudah masuk tahap 91,79% pada awal Agustus 2021. Khusus pengerjaan aspal, sudah sampai dalam tahap pengaspalan lapis terakhir, atau istilah tekniknya lapisan Stone Mastic Asphalt (SMA), di sektor run-off dan track lane. Proses pengaspalan ini dibesut hingga akhir Agustus 2021.

Selanjutnya, untuk tahapan pengerjaan di dalam trek, seperti pengaspalan outer & inner service road, masuk ke 98%. Lalu pengaspalan track lane 68%, pengaspalan run-off 37%, run-off gravel 99%, dan run-off grass 98%.

Selain itu, pengerjaan bangunan infrastruktur di dalam sirkuit, sebut saja race control salah satunya, sudah mencapai 83.75%. Tak ketinggalan pondasi pit building mencapai 85.9%. Malah ada pekerjaan yang sudah selesai 100%, yaitu tunnel utara dan selatan, serta pemasangan concrete barrier. Dengan kata lain, dalam hitungan hari sirkuit Mandalika siap di homologasi.

Masih dari Instagram @themandalikagp, pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) ke kawasan pariwisata Mandalika juga sedang digeber. Saat ini progres konstruksi jalan bypass sudah mencapai 81,17 persen, dan ditargetkan selesai September 2021.

Mengutip apa yang disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dari salah satu media massa, bahwa pembangunan jalan bypass BIL sepanjang 17,36 kilometer bisa memperlancar konektivitas dari Bandara BIL ke kawasan wisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika.

Pihak penyelenggara semakin optimistis, kehadiran bypass BIL ini sekaligus mampu mendukung akses menuju sirkuit Mandalika. Terutama untuk perhelatan WSBK Indonesia 2021 yang sudah ada di depan mata.


(acf)