WSBK Assen, Belanda 2022

Rea Kembali Tampil Garang di Race-1 WSBK Assen 2022

Jonathan Rea kembali rajai race pertama di WSBK Assen 2022. JR
Jonathan Rea kembali rajai race pertama di WSBK Assen 2022. JR

Autogear.id - Jonathan Rea kembali tampil perkasa di race pertama World Superbike Championship (WSBK) 2022 yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda yang berlangsung pada Sabtu (23/4/2022). Meski mengawali balapan dicecar duo pembalap Yamaha termasuk sang juara dunia WSBK 2021 yaitu Toprak Razgatiouglu, namun Ia berhasil perlahan meraih hasil bagus.

Tentu kemenangan ini menguatkan ambisinya untuk kembali menjadi pemuncak klasemen pembalap sepanjang kejuaraan ini berlangsung hingga akhir musim nanti. Mengingat tahun ini adalah kali pertama Ia menggunakan kembali nomor motor lamanya yaitu 65 setelah konsisten dari tahun ke tahun mengunakan angka 1.

"Senang sekali bisa meraih hasil bagus kembali, ini penting bagi kami untuk melihat bahwa paket motor kami sejauh ini memang kompetitif. Pemilihan kompon ban juga sangat berpengaruh dan membuat kami bisa berhasil meraih hasil bagus," klaim Rea usai meraih kemenangan di Assen.

Pembalap yang justru tak disangka mampu tampil apik dengan karakter motor yang kurang pas di Assen, adalah Alvaro Bautista yang menjadi pembalap andalan Ducati saat ini. Ia awalnya terlihat kurang percaya diri bertarung meraih kemenangan dan pasrah untuk finish di luar posisi podium. Namun menjelang akhir balapan, performanya justru konsisten dan Ia melihat celah untuk merangsek ke depan.

Baca Juga:
Kembali Wadahi Balap Liar, Fastron Enduro Street Race Digelar

Meski nyaris merebut kemenangan dari tangan Rea yang sudah memimpin beberapa lap terakhir, namun Ia tak mampu membuat Rea bergeming. Pembalap asal Inggris itu klop dengan Kawasaki Ninja-nya di setiap titik pengereman. Hingga akhirnya Bautista harus pasrah finish di urutan kedua.

Pembalap yang justru merasakan kekecewaan besar adalah Toprak. Mengawali balapan dengan sangat baik, Ia justru kehilangan momen meraih kemenangan karena performa ban depannya drop sangat cepat. Ia merasa mulai pertengahan balapan tak mendapat grip yang bagus setelah tersusul Rea dan Bautista. 

"Kami tentu cukup kecewa dengan hasil ini, mengingat kami mengawali balapan dengan sangat baik. Ban depan kehilangan grip dengan signifikan dan kami akan mencari tahu penyebabnya agar ini tak terjadi lagi di race kedua," klaim Toprak.

Beruntung Ia masih sanggup mengawal motornya hingga ke garis finis tanpa tersusul pembalap lainnya yaitu rekan setimnya sendiri dan mengamankan podium ketiga. Apakah Ia akan sanggup kembali merebut kemenangan di race kedua hari ini? Kita lihat saja nanti pembuktiannya.

Hasil Race-1 WSBK Assen 2022:
1. Jonathan Rea, UK, Kawasali
2. Alvaro Bautista, SPA, Ducati
3. Toprak Razgatiouglu, TUR, Yamaha


(uda)