Road Trip dengan Mobil, Berikut 5 Perlengkapan yang Wajib Dibawa

Gambar oleh ErikaWittlieb dari Pixabay
Gambar oleh ErikaWittlieb dari Pixabay

Autogear.id - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO melansir, rasa khawatir dan takut merupakan sebuah respons yang wajar. Terutama dalam menghadapi situasi tak menentu, seperti situasi pandemi covid-19 yang masih saja terjadi sementara ini. 

Supaya rasa takut dan khawatir tidak semakin memburuk dan yang pada akhirnya memengaruhi kesehatan fisik dan mental, maka perlu dilakukan sejumlah upaya meminimalisirnya. Salah satunya melakukan trip menikmati liburan ke alam.

Tetapi kenyataannya, pandemi juga mempersulit mereka yang ingin menikmati liburan. Terutama mereka yang terpaksa menggunakan transportasi umum, bila ingin bepergian. 

Satu solusinya adalah melakukan kegiatan road trip. Yakni perjalanan menggunakan kendaraan mobil pribadi, menuju titik-titik lokasi yang diinginkan. 

Diperkirakan ke depannya aktivitas road trip akan bertambah marak. Seiring semakin banyaknya masyarakat yang mencari alternatif liburan aman.

Road trip umumnya tidak ditempuh dalam waktu sebentar. Karena itu perlu dilakukan persiapan matang sebelumnya. Mulai dari kesiapan fisik pengendara dan penumpang, pemahaman medan dan lokasi tujuan. Sampai outfit selama perjalanan, serta ketersediaan perlengkapan di mobil.

Adapun 5 perlengkapan yang harus dibawa saat road trip adalah: 

1. Travel bag organizer
Perlengkapan tersebut memudahkan dalam membawa banyak barang dengan rapi. Membuat penggunanya gampang dalam mencari barang. 
Disarankan untuk memisahkan barang-barang yang dibawa sesuai kebutuhan, sesuai kegiatan, ataupun sesuai harian dalam perjalanan tersebut.

2. Car organizer
Umumnya kegiatan road trip, waktu banyak habis terpakai di dalam mobil. Agar memudahkan dalam perjalanan, disarankan membuat kondisi mobil serapi mungkin. Misalnya menggunakan car organizer, yang dapat dipakai menyimpan barang-barang esensial selama perjalanan.

3. Masker dan hand sanitizer
Pada masa pandemi ini, masker dan hand sanitizer sepertinya menjadi perangkat yang wajib ada selama bepergian. Sesuai saran CDC (Centers for Disease Control and Prevention), penggunaan masker kain sebagai layer kedua setelah menggunakan masker medis. 

4. Peralatan makan
Cutlery Set atau peralatan makan multifungsi, terdiri dari garpu, sendok, pisau, pembuka sumbat botol atau kaleng, dan reamer, sangatlah direkomendasikan. Khususnya dalam perjalanan mengeksplor kawasan yang didominasi hutan. 

Peralatan makan pribadi memang sangat dianjurkan dibawa kala bepergian, terlebih di tengah pandemi.

5. Botol air minum
Salah satu upaya mengurangi sampah botol plastik, adalah membawa botol air minum sendiri dalam berbagai kegiatan. Termasuk aktivitas bepergian semacam road trip. 

Apalagi botol air minumnya memiliki fitur double wall vacuum insulated, jelas menjadi nilai tambah. Memungkinkan dalam menjaga minuman tetap panas atau dingin, selama kurang lebih 12 jam.


(acf)